Mengawali Pelaksanaan KKN-KT, FKIP Akan Selenggarakan Workshop

1311

Suasana Rapat Persiapan Workshop KKN-KT

(Eduspotnews) Sesuai jadwal pada kalender akademik Universitas Lampung, tahun ajaran semester genap 2015 ini, FKIP Universitas Lampung kembali mempersiapkan sejumlah perangkat KKN Kependidikan Terintegrasi (KKN-KT) baik dari kesiapan dosen pembimbing lapangan, mahasiswa maupun metodologi yang kelak akan dilaksanakan di daerah lokasi pengabdian.

Guna mempersiapkan hal tersebut, unit Praktik Lapangan Terpadu (PLT) kembali menggelar rapat mengenai persiapan workshop KKN-KT. Rapat ini buka langsung oleh Dekan FKIP, Dr. Bujang Rahman, M.Si dan dipimpin langsung Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Abdurrahman, M.Si yang juga dihadiri struktur para pejabat baru di Unit PLT FKIP Unila.

Workshop mengenai kuliah kerja nyata perlu diselenggarakan guna mempersiapkan semua komponen yang diperlukan pada saat pelaksanaan KKN-KT. Hal ini perlu dilakukan karena berbeda dengan KKN Tematik yang dikelola oleh pihak universitas, KKN Kependidikan Terintegrasi FKIP merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa untuk mentranformasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan dari dan kepada warga masyarakat yang pelaksanaanya diterapkan bersamaan dengan Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Sesuai konsepnya yang terintegrasi, KKN dan PPL dilaksanakan secara simultan, yakni  di dalam suatu pelaksanaan KKN ada proses PPL yang syarat akan akademik, dan di dalam PPL ada unsur KKN yang identik dengan pengabdian masyarakatnya. Ruang lingkup tema KKN-KT FKIP pun terbagi menjadi enam yaitu : 1) Pendidikan masyarakat; 2) Perluasan akses pendidikan; 3) Masyarakat belajar; 4) Pendidikan generasi muda; 5) Pendidikan sadar lingkungan; dan 6) Pendidikan pengembangan seni dan budaya daerah.

Dari hasil rapat ini, telah disepakati bahwa jadwal pelaksanaan workshop KKN-KT tahun 2015 akan dilaksanakan pada 13 sampai 14 April di Wisma Unila. Pada workshop tersebut, unit PLT akan mengundang sejumlah dosen pembimbing lapangan untuk mensinergikan sejumlah program yang akan dilaksanakan dan sekaligus mengevaluasi pelaksanaan KKN-KT dan PPL di tahun sebelumnya, guna memaksimalkan program unggulan daerah dan memperbaiki semua kekurangan yang mungkin terdapat pada program sebelumnya. (Rf)

Foto Bersama Ketua PLT Baru, Drs. Nurdin, M.Si (Tengah Kanan) dan Ketua PLT Lama, Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd (Tengah Kiri),  Beserta Para Ketua Divisi.