Perkuat Wawasan Media Publikasi, BEM FKIP Kunjungi Eduspot

1141

Pemberian Plakat oleh Gubernur BEM kepada kru Eduspot

(Eduspotnews) BEM FKIP Unila melalui Dinas Media Center melakukan kunjungan Media Informasi Pendidikan ke Eduspot FKIP Unila, Jum’at (20/3). Dalam kunjungannya, BEM FKIP Unila yang beranggotakan dua puluh orang disambut langsung oleh pimpinan redaksi Sub Unit Eduspot, Budi Kadaryanto dan beberapa kru. Kegiatan ini berlangsung dalam rangka menguatkan peran media elektronik maupun cetak antar Lembaga Kemahasiswaan (LK) fakultas dan unit publikasi yang ada di fakultas.

Dalam sambutannya, Budi memaparkan sejarah singkat Eduspot dimana brand Eduspot sendiri memiliki arti “Edu” artinya pendidikan dan “spot” artinya titik atau pusat. Eduspot dimaknai sebagai pusat sumber informasi pendidikan yang merangkum informasi internal kampus maupun update berita pendidikan nasional dan internasional. Fadhil, reporter Eduspot menambahkan bahwa Eduspot berada dibawah naungan Unit Database dan Publikasi Ilmiah, FKIP Universitas Lampung. Keberadaan subunit ini mengelola dua media sekaligus yaitu majalah dan televisi berbasis online atau streaming tv.

“Sampai saat ini kami sudah menerbitkan majalah ini hingga 12 edisi, dan majalah itu tidak hanya di distribusikan di internal kampus Unila saja namun hingga ke beberapa universitas yang tergabung dalam forum komunikasi keguruan dan ilmu pendidikan di Indonesia”, terang Fadhil.

Ia juga menambahkan bahwa Eduspot TV merupakan televisi online pertama yang ada di Universitas Lampung. TV Streaming ini mengadopsi langkah yang telah lebih dulu dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret Solo sebagai salah satu patner FKIP Unila.

Kunjungan BEM FKIP ini diisi dengan diskusi interaktif antar anggota dan jajaran kru Eduspot. Pertemuan ini menghasilkan rencana kolaborasi antar seluruh lembaga kemahasiswaaan fakultas yang dituntut untuk mengoptimalkan peran media kampus berbasis internet dan media cetak.

“Kami dari BEM FKIP Unila akan melakukan diskusi lebih lanjut terkait bentuk kerjasama yang akan dibangun. Yang pasti kerjasama yang akan dibuat tidak hanya melibatkan BEM FKIP saja tetapi juga harapannya dapat melibatkan seluruh LK di FKIP khususnya bidang kemediaan”, ujar Deris Astriawan selaku Kadis Media Center.

Ditemui disela-sela kegiatan Gubernur BEM FKIP Unila, Deni Yuniardi mengatakan kunjungan ini merupakan salah satu bentuk nyata kami dalam mendukung kemediaan yang ada baik di internal BEM FKIP maupun di Eduspot sendiri.

“Ini merupakan langkah awal yang baik dan menjadi program kerja jangka panjang untuk sama-sama mengoptimalkan fungsi kemediaan dari masing-masing pihak. Dan salah satu tujuan dari kunjungan ini yaitu untuk memberikan wawasan lebih tentang kemediaan, selain itu untuk berbagi informasi demi perbaikan kita bersama”, urai Deni saat diwawancarai. (DA)

_MG_2294 _MG_2327