Himasakta FKIP Unila Selenggarakan Donor Darah Sukarela

604
proses pendonoran darah
Cek kadar hemoglobin

(Eduspotnews) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Eksakta (Himasakta) melalui Divisi Sosial Masyarakat yang bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) Bandar Lampung menggelar Aksi Donor Darah Sukarela pada Rabu hingga Kamis (11-12/3). Satu unit bus lengkap dengan peralatan transfusi darah dari UDD Kota Bandar Lampung  disiapkan di pelataran parkir gedung I FKIP Universitas Lampung untuk menerima kehadiran pendaftar peserta donor darah di sela-sela perkuliahan mahasiswa. Pada acara ini setidaknya terkumpul 70 kantong darah dari para peserta yang masuk dalam kategori dibolehkan mendonor.

Syarat-syarat teknis menjadi pendonor darah antara lain :

  1. Umur 17-60 tahun ( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  2. Berat badan minimal 45 kg
  3. Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  4. Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  5. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
  6. Hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
  7. Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

Menurut Izu Khoirina (Pendidikan Kimia 2012) selaku sekretaris divisi, kegiatan ini merupakan kepedulian sosial kepada sesama manusia dan lingkungan karena selain aksi donor darah, kegiatan ini ada rangkaian bersih-bersih kampus yang dilaksanakan oleh para mahasiswa/umum dan merupakan bukti kepedulian terhadap lingkungan.

Donor darah sendiri merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang kemudian dipakai pada transfusi darah bagi pasien yang memerlukan.

Pembiasaan mendonorkan darah secara rutin per-tiga bulan merupakan upaya untuk hidup sehat. Manfaat mendonorkan darah bagi kesehatan antara lain melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, memperbarui sel darah baru, bahkan mencegah resiko terkena penyakit langka. (Rf/Dewi)

hamsahamidaaa...
Panitia Aksi Donor Darah Sukarela (Himasakta dan UDD B. Lampung)