Seminar Nasional dan Rakerwil I Himnas PKn 2015

1146
Muhammad Fuad (Wadek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni membuka Rakerwil Himnas Pkn di dampingi Hermi Yanzi (Kaprodi PKn FKIP Unila)

Muhammad Fuad (Wadek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni membuka Rakerwil Himnas Pkn di dampingi Hermi Yanzi (Kaprodi PKn FKIP Unila)

IMG_2208

Sesi Materi Seminar Nasional

(Eduspotnews) Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Universitas Lampung melalui Forum Pendidikan Kewarganegaraan (Fordika) menghelat Seminar Nasional, pada Senin (9/3) di GSG Universitas Lampung. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari acara Rapat Kerja Wilayah I Sumatra (Rakerwil I) yang juga  merupakan kelanjutan dari kongres Himpunan Mahasiswa Nasional PKn di Medan beberapa waktu yang lalu. Rangkaian acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP Unila, Dr. Muhammad Fuad, M.Hum yang didampingi ketua program studi pendidikan kewarganegaraan Hermi Yanzi, S. Pd, M.Pd. Dalam sambutannya, Fuad menyampaikan apresiasinya kepada pihak penyelenggara atas terlaksananya kegiatan yang positif ini. Ia berharap agar output dari rangkaian kegiatan ini khususnya seminar nasional, dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat mengenai pemahaman tentang pancasila sesuai dengan tema yang diusung, yakni “Membangun Generasi Pancasila yang Edukatif dan Inovatif melalui Kerja Sama Lintas Mahasiswa dengan Konsep Multikultur”.

Fuad juga menambahkan bahwa kini nilai-nilai pancasila kurang mendapat perhatian. Mengingat keberagaman budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia justru kadang memicu terjadinya konflik, sehingga diharapkan dengan disisipkannya materi-materi mengenai pemahaman pancasila, masyarakat khususnya peserta seminar mampu membangun kembali rasa rukun dan hidup berdampingan antara etnis satu dengan yang lainnya.

Hadir sebagai pemateri Seminar Nasional, Teguh Irianto (Kabid Dikmen Disdik Provinsi Lampung) , Riffian A Chepy (Ketua Dewan Kesenian Kota Metro) dan Muhammad Fuad (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni).

Di kesempatan yang sama, ketua pelaksana Seminar Nasional dan Rakerwil I Himnas PKn 2015, Jeck Prodes Wijaya (PPKn 2012) menjelaskan bahwa agenda ini merupakan  gelaran yang ditunggu-tunggu para mahasiswa dan guru-guru yang mendalami tentang pendidikan kewarganegaraan. Selain dihadiri oleh guru sekolah bidang pendidikan kewarganegaraan se-Provinsi Lampung, hadir juga perwakilan mahasiswa dari Universitas Negeri Medan (Unimed), STKIP PGRI Sumatra Barat, Univeritas Riau (UNRI), dan Universitas Negeri Padang (UNP).

“Seminar ini merupakan rangkaian pembuka dari tiga hari pertemuan yang akan diselenggarakan oleh Fordika, untuk Rakerwil itu sendiri akan diselenggarakan di hari kedua yang dimulai sejak pagi hingga sore dan dilanjutkan perkenalan wisata Lampung kepada para mahasiswa yang berasal dari luar Lampung di hari ketiganya” urai Jeck Prodes saat diwawancarai. (Rf)