Asesmen Tim BAN- PT di Universitas Lampung

895

2(Eduspotnews) Pada triwulan pertama tahun 2015 ini, Universitas Lampung telah dijadwalkan untuk melaksanakan asesmen lapangan dan visitasi perguruan tinggi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang akan melaksanakan visitasi di Universitas Lampung antara lain Prof. Dr. Ir. Sekartedjo, M. Sc. (ITS),  Prof. Dr. Bambang Irawan, M. Sc. (Unair), Prof. Dr. Ir. Sudirman, M.P. (Unhas) dan  Prof. Dr.Nadra, M.S. (Unand). Adapun jadwal visitasi ini dilaksanakan dari 5 hingga 8 Maret 2015 yang mencakup penilaian secara menyeluruh mengenai universitas, baik dari fakultas, lembaga, unit pelayanan hingga mahasiswa dan alumni.

Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi adalah proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan untuk mengetahui komitmen institusi terhadap kapasitas institusi dan efektivitas pendidikan, yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan. Akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT, juga dilaksanakan  kepada semua perguruan tinggi di Indonesia.

Visitasi oleh tim asesor AIPT selain mencakup pemeriksaan dan koreksi borang akreditasi yang dipresentasikan oleh pimpinan Universitas Lampung beserta jajaran, juga melakukan wawancara kepada mahasiswa, alumni, dosen dan staf administrasi yang ada di lingkungan Universitas Lampung. Dalam klarifikasi borang akreditasi, pihak AIPT juga menyampaikan beberapa poin koreksi pada masing-masing standar untuk kemudian menjadi masukan pagi pihak Unila.

Pelaksanaan asesmen lapangan AIPT di Universitas Lampung dilaksanakan secara bergantian. Civitas akademika Unila memasuki ruang sidang rektorat lantai 2 untuk melaksanakan wawancara dan klarifikasi borang asesmen dan pertemuan dengan asesor PT ini dibagi menjadi 4 bagian, yakni :

  1. Para Pimpinan Universitas, Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Ka. UPT, Para Wakil Dekan dan DIR BPU.
  2. Ketua Jurusan Seluruh Fakultas, Dosen, dan ketua bagian
  3. Kepala Biro, Kabag TU Fakultas, Kasubbag PPS, Seluruh Kabag Rektorat, dan tenaga kependidikan non-struktural
  4. Perwakilan Mahasiswa S1, Pasca Sarjana, Alumni dan mitra kerja Universitas Lampung.

Sementara itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang merupakan salah satu fakultas terbesar di Unila dengan  25 program studinya pun ikut mempersiapkan civitas akademikanya untuk menerima pelaksanaan asesmen klarifikasi borang di tingkat fakultas. Visitasi keseluruhan akan diakhiri dengan perbaikan draft berita acara asesmen lapangan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyelesaian laporan akhir di ruang senat Universitas Lampung. (Rf)

1

Para Tenaga Kependidikan Perwakilan FKIP Unila di ruang tunggu rektorat

4

Suasana ruang tunggu rektorat lantai 2

DSC_0360

Para Kajur seluruh fakultas di ruang tunggu rektorat

3

Salah satu dosen dan staf FKIP sedang berdiskusi mengenai asesmen BAN-PT

6

Staf Kependidikan FKIP Unila

 * catatan : media hanya diperkenankan mengambil dokumentasi di ruang tunggu rektorat