Diklat PKMKT FKIP Universitas Lampung

Budi Kadaryanto Menjelaskan Materi Artikel Ilmiah PKMKT

(Eduspotnews) Sub Bagian Kemahasiswaan FKIP Universitas Lampung melaksanakan pendidikan dan latihan (Diklat) Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Karya Tulis, pada Senin (23/2) di aula A dekanat FKIP. Acara dibuka oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan alumni, Dr. Muhammad Fuad, M.Hum., serta dihadiri para mahasiswa dari  berbagai angkatan. PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Ditlitabmas Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Fuad menyampaikan bahwa kali ini dikti membuka pendaftaran untuk penerima proposal PKM. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini PKM dikhususkan untuk PKM Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Tertulis (GT). PKM-AI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan hasil-hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan ke dalam bentuk sebuah artikel ilmiah sesuai kriteria standar penulisan jurnal ilmiah. PKM-AI bertujuan menumbuhkembangkan minat dan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa. Produk yang dihasilkan pun berupa artikel ilmiah.

Selain itu, ada jenis PKM-GT. PKM ini merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide tersebut seyogyanya unik, kreatif dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. Tujuan dari PKM-GT yakni menumbuhkembangkan karya tulis mahasiswa dalam bentuk penuangan gagasan atau ide kreatif. Produk yang dihasilkan adalah berupa gagasan kreatif yang tertulis dan artikel.

 “Diharapkan dalam waktu seminggu, penyusunan proposal sudah dapat selesai, karena setelah penyusunan dilaksanakan akan ada proses seminar di tingkat jurusan, setelah itu fakultas akan meng-uploadnya  ke dikti”, urai Fuad.

Pendidikan dan latihan penyusunan proposal PKMKT ini berlangsung selama dua hari di bagi menjadi tigas sesi. Hari pertama, materi disampaikan langsung oleh ketua Unit Database dan Publikasi Ilmiah, Budi Kadaryanto, S.Pd.,M.A. Ia menyampaikan pentingnya memilih judul yang baik dan berbeda dalam pembuatan suatu artikel. “Judul harus terbaru dan berbeda dari artikel orang lain, karena seorang viewer akan terlebih dahulu melihat dan menilai PKM dari judul artikel yang dibawakan”, tegas Budi. (Rf)