Friday, December 9, 2016
SMAN 1 Pagardewa Kunjungi FKIP Unila

SMAN 1 Pagardewa Kunjungi FKIP Unila

965

Dekan memperkenalkan lingkungan kampus FKIP kepada siswa SMAN 1 Pagardewa

(Eduspotnews) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Universitas Lampung (Unila) kembali menerima kunjungan dari akademisi luar kampus. Kunjungan yang biasanya berasal dari beberapa universitas, kali ini SMA Negeri 1 Pagardewa Kabupaten Tulang Bawang Barat (TBB) berkesempatan melihat langsung tata kelola fakultas yang memiliki 26 program studi ini. Kunjungan SMAN 1 Pagardewa beranggotakan 78 orang yang terdiri dari 43 siswa Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial (IPS), 30 siswa Jurusan Ilmu Pendidikan Alam (IPA), dan lima orang guru pendamping. Kehadiran rombongan tersebut disambut oleh Dekan FKIP, Dr. Bujang Rahman, M.Si di gedung F FKIP Unila, Jum’at (23/01). Dalam pertemuan langsung itu, Dekan memperkenalkan kampus FKIP dalam presentasi profil secara umum. Presentasi tersebut mencakup fasilitas pelayanan mahasiswa, unit kegiatan, pengenalan fasilitas pembelajaran, dan laboratorium Jurusan Pendidikan IPA dan Pendidikan IPS. Dalam kesempatan itu, salah satu guru pendamping SMAN 1 Pagardewa, Sarno, S.Pd. menyampaikan bahwa Universitas Lampung merupakan universitas yang dibanggakan di Provinsi Lampung. Ia juga menambahkan bahwa salah satu tujuan dari kunjungan SMAN 1 Pagardewa adalah untuk melihat secara langsung kondisi Universitas Lampung. Harapannya, Universitas Lampung bisa menjadi referensi bagi siswa-siswi SMAN 1 Pagardewa sebagai kampus tujuan studi setelah mereka lulus. “Dipilihnya Universitas Lampung sebagai tempat kunjungan ini dilatarbelakangi karena kampus Unila dikenal sebagai kampus terbaik di Provisni Lampung”, sambung Sarno.

Dikesempatan yang sama, Bujang Rahman menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan penilaian  baik SMAN 1 Pagardewa. Dalam kesempatan itu, Bujang juga menjelaskan beberapa jalur yang bisa ditempuh calon mahasiswa untuk bisa diterima di Unila. Jalur tersebut antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau lebih dikenal dengan jalur undangan,  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri (UM).

Terkait dengan biaya kuliah, Unila telah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Lebih lanjut Bujang juga menjelaskan program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk bisa melanjutkan studinya di Unila, salah satunya dengan mengikuti program Penerimaan Mahasiswa Perluasaan Akses Pendidikan (PMPAP). PMPAP adalah program penerimaan mahasiswa baru yang hanya dimiliki oleh Universitas Lampung.

Selanjutnya, selain pemaparan mengenai profil FKIP Unila beserta program studinya, Dekan FKIP juga menjelaskan beberapa program beasiswa yang bisa diperoleh di Universitas Lampung serta tingkat keketatan proses seleksi penerimaan calon mahasiswa baru. Di akhir pertemuan, para siswa beserta guru diajak melihat langsung program studi dan laboratorium pembelajaran didampingi Wakil Dekan 1 serta para ketua jurusan di lingkungan FKIP Unila.(Rf/Fd)

1 COMMENT

  1. Terima kasih untuk FKIP Unila yang telah berkenan menerima rombongan SMAN 1 Pagar Dewa pada tanggal 23 Januari 2015. Siswa/i yang ikut dalam rombongan sangat berkesan dengan sambutan dan tampilan profil Kecamatan Pagar Dewa, demikian pula dengan artikel ini. Namun ada ralat sedikit, rombongan kami dipimpin oleh Bapak Rohmad Wahyudi, BA selaku pembina siswa dan juga guru geografi.