FPPI dan Himasakta Unila Bina Desa Margaagung

204

Ketua Umum FPPI FKIP Unila, Danu Andiyanto membuka program desan binaan di balai Desa Margaagung, Minggu (25/1).

(Eduspotnews) Forum Pembinaan dan Pengkajian Islam (FPPI) FKIP Unila bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Eksakta (Himasakta) Unila menggelar program Desa Binaan bertajuk “Membangun Jiwa Peduli Pendidikan Dan Bersahabat Dengan Masyarakat” di Desa Margaagung, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua Umum FPPI FKIP Unila Danu Andiyanto mengatakan desa binaan merupakan salah satu progja UKMF FPPI FKIP Unila yang fokus pada salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. “Program ini memiliki dasar yang kuat,” ujar Danu pada acara pembukaan di Balai Desa setempat, Minggu (25/1/2015).Berbagai kegiatan pengabdian yang sudah dirancang bersama Himasakta, lanjut Danu, diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat desa Margaagung. Kegiatan ini juga dapat menjadi pembelajaran bagi mahasiswa sebagai bekal terjun di masyarakat nantinya. “Mereka akan mengikuti KKN nanti, ini bisa jadi bekal mereka juga,” ujarnya.Hal yang sama disampaikan oleh Ketua Umum Himasakta Risko A. Ia berharap mahasiswa yang terlibat dalam program desa binaan dapat belajar menjadi generasi yang peduli terhadap pendidikan dan bersahabat dengan masyarakat sesuai dengan tema yang diusung. “Karena kesibukan kuliah dan kegiatan organisasi kampus mungkin banyak mahasiswa yang tidak begitu aktif di masyarakat. Saya rasa ini momen yang tepat untuk belajar,” ujar Risko.

Sementara itu, Kepala Desa setempat Muhtarom mengapresiasi atas apa yang dilakukan para mahasiswa. Ia berharap semua yang terlibat dalam kegiatan bisa sama-sama belajar. Masyarakat desa dapat belajar dari mahasiswa, begitupun sebaiknya mahasiswa dapat belajar dari masyarakat desa. “Terimakasih sudah memilih desa kami,” ujarnya.

Pada kegiatan yang dihadiri Kepala Desa Margoagung beserta jajarannya dan seluruh warga itu disampaikan pula materi mengenai “Peran Orang Tua dalam Membentengi Anak dari Pergaulan Bebas” yang disampaikan oleh dosen Bimbingan Konseling FKIP Unila Citra Abriani Maharani. Materi tersebut disampaikan mengingat maraknya kasus-kasus pelecehan seksusal di masyarakat dengan anak-anak sebagai korban maupun pelakunya.
Laporan: Eva Pardiana

Editor: Padli Ramdan
Sumber : http://lampost.co/berita/fppidan-himaksata-unila-bina-desa-margaagung-