Alur Sertifikai Guru Dalam Jabatan Tahun 2014

719

Alur sertifikai guru dalam jabatan tahun 2014 menurut diagram alur diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Guru yang memiliki kualifikasi akademis strata 2 (S2) atau strata 3 (S3) dan memiliki pangkat golongan IV/b diberi kesempatan untuk disertifikasi melalui pola pemberian sertifikat  pendidik secara langsung (PSPL). Apabila verifikasi dokumen memenuhi persyaratan (MP) maka guru yang bersangkutan berhak memperoleh sertifikat pendidik. Apabila tidak memenuhi p ersyaratan (TMP) maka guru tersebut wajib mengikuti Uji Kompetensi dan disertifikasi melalui jalur pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Jika lulus pada Uji Kompetensi PLPG, maka guru tersebut berhak memperoleh sertifikat pendidik.
  2. Guru yang memiliki pangkat golongan IV/c juga diberi kesempatan untuk disertifikasi melalui pola PSPL seperti halnya guru dengan kualifikasi akademis S2 atau S3 seperti yang tercantum pada poin 1 diatas.
  3. Guru dengan kualifikasi akademis S1 atau D-IV memiliki kesempatan untuk disertifikasi melalui jalur penilaian Porto Folio (PF).  Ada dua kemungkinan bagi guru yang menempuh jalur porto folio ini yaitu :
    • Apabila skor penilaian porto folio melebihi Passing Grade (PG) maka akan dilakukan verifikasi terhadap dokumen porto folionya. Jika dinyatakan lulus maka guru yang bersangkutan berhak memperoleh sertifikat pendidik. Jika dinyatakan tidak lulus verifikasi porto folio, maka guru tersebut wajib mengikuti uji kompetensi dan disertifikasi melalui jalur pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Jika lulus pada Uji Kompetensi PLPG, maka guru tersebut berhak memperoleh sertifikat pendidik.
    • Apabila skor penilaian porto folio lebih kecil dari passing garde (PG), maka guru tersebut wajib mengikuti uji kompetensi dan disertifikasi melalui jalur pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Jika lulus pada Uji Kompetensi PLPG, maka guru tersebut berhak memperoleh sertifikat pendidik.
  4. Guru dengan kualifikasi akademis S1 atau D-IV secara umum memiliki kesempatan untuk disertifikasi melalui jalur PLPG. Guru-guru yang akan disertifikasi melalui jalur PLPG ini wajib mengikuti uji kompetensi dan mengikuti PLPG. Apabila pada uji kompetensi PLPG yang diselenggarakan LPTK dinyatakan lulus, maka guru tersebut berhak memperoleh sertifikat pendidik. Jika tidak lulus, maka guru tersebut akan diikutkan pada kegiatan-kegiatan pembinaan kompetensi seperti pelatihan-pelatihan dan diklat, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah tingkat pusat dalam hal ini Kemendikbud maupun oleh pemerintah daerah dalam hal ini dinas pendidikan kota/kabupaten. Proses sertifikasinya akan diulang kembali mulai dari uji kompetensi, PLPG hingga uji kompetensi PLPG.
  5. Alur dapat diklik dibawah ini :

Alur-Sertifikasi-Bagi-Guru-Dalam-Jabatan-2014