FKIP Unila Sabet 3 Juara Berturut-Turut

849

 

“SUKSES ADALAH MILIK KITA SEMUA”

(Eduspotnews) Momentum perayaan dies natalis Universitas Lampung ke 49 berlangsung semarak dengan dilaksanakannya berbagai tangkai lomba yang diikuti semua fakultas, unit lembaga hingga  lembaga kemahasiswaan se-Universitas Lampung.  Berbagai cabang perlombaan yang dimulai pertengahan September ini, antusias diikuti oleh ribuan peserta. Tidak tanggung-tanggung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang notabene adalah fakultas ‘pencetak’ calon guru profesional, berhasil ‘menyabet’ tiga penghargaan sekaligus yakni juara 1 webomatrics, juara 2 kinerja terbaik fakultas dan juara 2 kategori greenmatrics terbaik. Penilaian ini berdasarkan pemeringkatan website fakultas yang didasarkan pada sejumlah parameter, guna menilai sebuah Perguruan Tinggi (PT) dari tampilan hingga keberadaan karya ilmiah PT di internet. Semula webometrics menggunakan 4 parameter yaitu  Visibility, Size, Scholar dan Rich Files, kini parameter penilaian berubah menjadi empat komponen yakni Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%),dan Excellence (15%).

Oleh karenanya, webomatrics menjadi salah satu ukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta melalui website. Sehingga fakultas yang mampu menyumbang poin terbanyak dalam webomatrics juga berkontribusi meningkatkan poin website universitas di tingkat nasional dan internasional.

Selain itu, greenmatrics merupakan penilaian fakultas berdasarkan tata ruang kampus hijau sesuai dengan julukan Universitas Lampung yakni ‘Kampus Hijau’. Perlombaan ini dilangsungkan dengan harapan agar segenap civitas akademika Unila, bahu-membahu mewujudkan visi Unila yakni Pada Tahun 2025 Unila Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik di Indonesia.

“Dalam rangka menuju ‘Unila Emas’ tahun 2015, yang bertepatan dengan usia 50 tahun Universitas Lampung, peningkatan pelayanan terus ditindaklanjuti oleh seluruh pimpinan Unila akan selalu berkomitmen untuk melakukan transformasi kepada seluruh civitas akademika dan karyawan dalam tridarma perguruan tinggi termasuk seluruh masyarakat di provinsi lampung demi menghadapi masyarakat ekonomi asean di masa yang akan datang“, papar Rektor Unila Sugeng P. Harianto saat memberikan sambutan.

Seluruh pemberian penghargaan cabang perlombaan yang diselenggarakan pada Dies Natalis ini, dilaksanakan pada malam puncak Dies Natalis ke 49 Universitas Lampung di gedung serba guna Unila (23/9). Acara ini juga dihadiri langsung Gubernur Lampung Ridho Ficardo dan Bupati Lampung Timur Erwin Arifin yang sekaligus memberikan selamat kepada para pemenang lomba cepat tepat (LCT) IPA dan IPS tingkat SMA Sederajat Se- Provinsi Lampung. (Riky)