Gelaran Adat Lampung Barat, Sambut Rektor dan Dekan FKIP

1547

pssry(Eduspotnews) : Pemerintah daerah Lampung Barat menggelar pentas budaya adat Paksi Pak Sekala Brak bekerja sama dengan Kepaksian Buay Nyerupa dalam rangka wujud terima kasih masyarakat kepada mahasiswa KKN KT FKIP yang telah berkontribusi penuh menyelenggarakan program KKN demi optimalisasi potensi yang ada di Kabupaten Lampung Barat.  Salah satu program KKN Kependidikan Terintegrasi yang telah berjalan selama 2 tahun ini, yakni Sanggar Seni Buay Nyerupa  yang terbentuk pada tahun 2013 yang lalu, senantiasa mengembangkan adat budaya daerah setempat utamanya tari-tarian daerah dengan memanfaatkan pelatih dari pemuda setempat. Eva Oktarina selaku ketua pelaksana gelaran adat Kepaksian Buay Nyerupa ini, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini diharapkan dapat terus diingat masyarakat dan diimplementasikan dalam bentuk muatan lokal oleh sekolah sekabupaten Lampung Barat. Mengingat sejarah Paksi Pak Sekala Brak yang berjasa dalam penyebaran agama islam di Lampung Barat.

Rektor Unila, Prof. Sugeng P. Harianto yang hadir mengunjungi acara Pentas Budaya KKN KT Lampung Barat, mendapat gelar kehormatan dari Raja Kepaksian Buay Nyerupa. Pemberian gelar ini disaksikan langsung oleh ratusan warga Lampung Barat, Raja kerajaan Sekala Brak dan Sultan Kepaksian Buay Nyerupa. Gelar yang disandang Rektor Unila tersebut adalah “Raja Perdana Buay Nyerupa”.

Pemberian gelar adat kehormatan itu tidak terlepas dari kontribusi pimpinan perguruan tinggi yang senantiasa berperan aktif mengirimkan mahasiswa untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat.

Dalam serangkaian pesta budaya itu juga, mahasiswa yang berkerjasama dengan pemuda dari karang taruna menampilkan beberapa produk hasil olahan seperti pupuk urea dan organik,  dodol berbahan dasar tomat, dan kerajinan tangan dari  barang-barang yang tidak terpakai. Untuk memeriahkan acara adat yang digelar di lingkungan SMAN 1 Sukau ini, tampil juga beberapa siswa sekolah yang membawakan beberapa tari-tarian daerah dengan iringan musik tradisional Lampung Barat.

Dekan FKIP Unila, Dr. Bujang Rahman,M.Si yang hadir mendampingi rektor berpesan kepada masyarakat secara umum, agar program yang disampaikan mahasiswa dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dikembangkan secara berkelanjutan. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pemerintah daerah karena telah memercayakan FKIP selaku LPTK untuk membantu membangun masyarakat dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. (Riky)