Serah Terima Mahasiswa KKN-KT FKIP kepada Pemkab Tanggamus, Lambar, dan Pesbar

1172

10488886_10202004350864725_1080406114_n(Eduspotnews) : Agenda serah terima mahasiswa KKN-KT FKIP Unila dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, pada Kamis (19/6). Pada kesempatan itu, hadir Wakil Bupati Tanggamus, dan beberapa perwakilan pemerintah kabupaten Lampung Barat serta Pesisir Barat. Acara serah terima mahasiswa KKN-KT dibuka oleh Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S  didampingi Dekan FKIP Unila dan Ketua Praktik Lapangan Terpadu (PLT). Dalam sambutannya rektor menyampaikan bahwa mahasiswa adalah sponsor utama di masyarakat. “Generasi yang akan datang tergantung pada mahasiswa, karena selain melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa FKIP merupakan calon guru yang diharapkan menjadi teladan dan idola, serta mampu menggerakkan para siswa-siswa lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi”, jelas Sugeng.

Selanjutnya, Sugeng berharap agar mahasiswa Unila khususnya FKIP  dapat mengabdi bukan hanya di Lampung tetapi di seluruh Indonesia. Saat ini, model KKN-KT FKIP Unila tengah menjadi model KKN di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Karena konsep terintegrasi adalah pelaksanaan KKN di dalam PPL dan PPL di dalam KKN dengan menejemen waktu yang tidak simultan (bergantian), tetapi dilaksanakan dalam satu waktu pada saat mahasiswa melaksanakan proses KKN akan ada materi mengenai PPL  yang bernuansa akademik, begitu juga PPL akan ada proses KKN yang   bernuansa pengabdian masyarakat.

Total mahasiswa KKN-KT FKIP Unila tahun 2014 berjumlah 1038 orang dengan lokasi penempatan di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Lampung Barat berjumlah 285 orang yang tersebar di 6 kecamatan, 27 desa dan 34 sekolah. Sementara di  Kabupaten Pesisir Barat sebanyak 393 orang yang tersebar di 8 kecamatan, 36 desa dan 46 sekolah. Selanjutnya untuk Kabupaten Tanggamus mahasiswa KKN-KT berjumlah 360 orang yang tersebar di 12 kecamatan 36 desa dan 36 sekolah. Pelaksanaan KKN-KT ini akan dimulai pada 1 Juli dan berakhir 18 September 2014. (Rf/D1/Kay/Ty)