Pelatihan PKM Mahasiswa Bidikmisi FKIP Unila

628

(Eduspotnews)  Bertempat di Aula A gedung dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi angkatan III Semester IV mengikuti Pelatihan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).Tema yang diusung adalah “Prinsip-Prinsip Penulisan Proposal Keiatan Mahasiswa (PKM)”. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam sebuah program kewirausaahaan. Penyelenggara pelatihan membagi kegiatan ini dalam dua sesi yaitu materi pendahuluan dan materi khusus pada Jum’at (13/06) dan materi prinsip-prinsip penulisan proposal PKM dan praktek penulisan pada tujuh hari berikutnya, yakni Sabtu (21/06).

Program Kreativitas Mahasiswa menjadi agenda tahunan bagi mahasiswa peraih beasiswa Bidik Misi Universitas Lampung yang juga diikuti oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Agenda yang sama juga telah dilaksanakan sejak dua tahun silam oleh angkatan 2010 dan 2011. Peserta dalam pelatihan ini hanya diikuti oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung angkatan 2012. Sebanyak 250 mahasiswa dari berbagai jurusan dan program studi berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Total jumlah peraih beasiswa Bidik Misi angkatan III adalah 254 mahasiswa. Mahasiswa dengan jumlah tersebut akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil beranggotakan empat orang. Kelompok-kelompok tersebut akan berkompetisi untuk memenangkan program kewirausahaan di tingkat nasional dan diseleksi oleh panitia pusat penyelenggara PKM, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dalam pidato pembukaan kegiatan, Pembantu Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Drs. Iskandar Syah, M.Hum yang sekaligus menjabat sebagai pembina mahasiswa peraih beasiswa Bidik Misi menyampaikan bahwa keberadaan Program Kreativitas Mahasiswa hendaknya menjadi motivasi bagi peraih beasiswa untuk berusaha aktif dan kreatif dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan pada bidang-bidang lainnya (red).

“Filosofi dari mahasiswa peraih beasiswa Bidik Misi ini adalah ‘best of the best’atau terbaik dari yang terbaik sehingga mahasiswa ketika nanti terjun di lapangan dapat menjadi mahasiswa yang terampil”, ujar Iskandar Syah.

Selanjutnya, untuk pelatihan penulisan proposal PKM secara resmi dibuka oleh Pembantu Dekan II FKIP Unila, Drs. Arwin Achmad, M.Si. Pada sambutannya, Arwin menguraikan tiga kata kunci yang harus dimiliki mahasiswa peraih beasiswa Bidik Misi, yaitu amati, tiru, dan modifikasi. Menurutnya, menjadi mahasiswa harus menjadi mahasiswa yang cerdas yang bermanfaat bagi masyarakat.

Panitia pelatihan ini melibatkan lima pemateri utama yaitu Dr. M. Thoha BS Jaya, MS, Drs. Iskandar Syah, M.H., Machrus Ali. S.Pi., M.Si., dan Drh. Madi Hartono, M.P. Dua di antara para pemateri adalah pembina utama PKM Universitas Lampung yaitu Machrus Ali. S.Pi., M.Si., dan Drh. Madi Hartono, M.P. Menurutnya, PKM adalah salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak mampu menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta memperkaya budaya nasional. (EIF/FAP)