Univet adopsi Model KKN-KT FKIP Unila

975

10404725_10201957722699050_315410336_o(Eduspotnews) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung mendapat kunjungan dari Universitas Bangun Nusantara Veteran (UNIVET) Sukoharjo Jawa Tengah, dalam rangka menilik lebih lanjut desain Kuliah Kerja Nyata Kependidikan Terintegrasi (KKN-KT). Hadir secara langsung rombongan dari Univet yakni, Rektor, Pembantu Rektor 1 dan 2, dekan FKIP Univet, ketua KKN serta ketua PPL FKIP Univet.  Kehadiran rombongan disambut langsung  oleh Dekan FKIP Unila di gedung dekanat lantai 2, pada Jum’at (6/6). Tujuan utama kunjungan Univet ke FKIP Unila yakni untuk melihat bagaimana perpaduan antara KKN dan PPL baik dari segi waktu, desain program serta pelaksanaan di lapangan, karena pada semester selanjutnya, Univet berencana menerapkan model KKN-KT FKIP Unila di FKIP Univet.

Rektor Univet, Prof. Dr. Trisno Martono menjelaskan bahwa, informasi mengenai KKN-KT FKIP Unila ini diperoleh pada saat rapat Forum Komunikasi (FORKOM) FKIP Negeri Se-Indonesia, yang digelar pada 16-18 Mei yang lalu di Palembang. Dekan FKIP Unila, Dr. Bujang Rahman, M.Si memaparkan secara rinci perbedaan KKN yang dilaksanakan oleh FKIP dan non-FKIP. FKIP selaku Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan memiliki satu mata kuliah wajib yakni Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), di mana mahasiswa melaksanakan proses belajar mengajar pada sekolah-sekolah di daerah.

Dalam hal ini, mahasiswa juga belajar secara langsung untuk menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan secara pragmatis dan interdisipliner. KKN yang merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mentranformasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan dari dan kepada warga masyarakat, diterapkan bersamaan dengan PPL.

KKN dan PPL yang dilaksanakan bukan simultan yang pagi PPL siang KKN, tetapi KKN dan PPL itu dilaksanakan terintegrasi, yaitu di dalam KKN ada proses PPL yang syarat akan akademik, dan di dalam PPL ada unsur KKN yang identik dengan pengabdian masyarakatnya”, urai Bujang Rahman.

Lebih khusus, Bujang menjabarkan ruang lingkup tema KKN-KT, antara lain ; 1) Pendidikan masyarakat; 2) Perluasan akses pendidikan; 3) Masyarakat belajar; 4) Pendidikan generasi muda; 5) Pendidikan sadar lingkungan; dan 6) Pendidikan pengembangan seni dan budaya daerah.

Univet selaku perguruan tinggi yang didominasi mahasiswa dari fakultas keguruan, pada semester depan akan mencoba menerapkan model KKN-KT FKIP Unila. “Model ini akan dilaksanakan pada Agustus tahun ini, tentunya dengan perencanaan yang matang dengan pertimbangan wawasan yang telah diperoleh pada saat kunjungan”, tutup  Prof. Trisno. (Rf/D1)