Ujian Nasional Tingkat SMA Sederajat Tahun 2014

495

IMG_6627(Eduspotnews) Pada tahun 2014 kali ini, FKIP Universitas Lampung adalah salah satu fakultas yang menjadi tim pemantau independen pada pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA Sederajat. Ujian Nasional ini dimulai serentak pada Senin (14/4) di seluruh Indonesia dengan sistem pengawasan silang yang menggunakan 20 paket soal berbeda dan memiliki barcode. Rayon 2 Kota Metro, tim pemantau independen dipimpin langsung oleh Dekan FKIP Unila Dr. Bujang Rahman, M. Si yang juga selaku koordinator. Wali kota Metro Lukman Hakim, Kapolres Kota Metro AKBP Hengki, dan Kepala Dinas Pendidikan Drs. Masnuni, ikut meninjau langsung jalannya UN pada hari pertama. Peninjuan siswa ujian nasional beberapa hari lalu, walikota menekankan agar pelaksanaan ujian nasional di daerahnya bisa terwujud dua sukses. Yakni  “clean and succes”.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro juga menghimbau agar siswa  tidak mudah percaya pada isi-isu bocoran soal, hal ini  dikarenakan peluang untuk terjadi kecurangan sangat kecil. Oleh karena itu siswa diharapkan tetap fokus pada hasil pembelajaran yang sudah diperoleh dalam menghadapi soal-soal ujian nasional.

Jumlah peserta ujian nasional rayon 2 mencapai 5040 siswa yang tersebar di 37 sekolah se-Kota Metro. Untuk mengawal dan mengamankan jalannya UN tersebut, pemerintah kota metro berkoordinasi dengan  akademisi perguruan tinggi, pihak kepolisian, sehingga pelaksanaan UN tahun ini akan terlaksana dengan baik.

Senanda dengan hal itu Dekan FKIP Unila juga memaparkan bahwa persiapan hingga pelaksanaan ujian nasional kali ini berjalan lancar, baik dari distribusi soal maupun pelaksanaannya terus dilakukan pemantauan hingga ujian berakhir. (Ed/Kay)