E-Filing Permudah Wajib Pajak FKIP

704

E-Filling(Eduspotnews) Perwakilan Direktorat Jenderal Pajak mengunjungi FKIP Universitas Lampung pada Rabu (19/3) guna melakukan sosialisasi program pajak e-Filin. E-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id/) atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP). Sosialisasi yang diadakan di ruang sidang Gedung A FKIP Unila tersebut dihadiri oleh PD 2, dosen dan beberapa karyawan FKIP Unila.

Dalam sosialisasi ini, dijelaskan bahwa syarat utama wajib pajak yang menyampaikan SPT tahunan PPh secara e-Filing melalui website DJP harus memiliki Electronic Filing Identification Number (e-FIN). E-FIN sendiri adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk melaksanakan e-Filing. Permohonan untuk memperoleh e-FIN dapat disampaikan secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Setelah mendapatkat e-FIN Wajib Pajak dapat mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak e-Filing dengan mengunjungi website DJP (http://www.pajak.go.id/).

Registrasi dilakukan dengan mengisi form yang ada pada menu registrasi e-Filing dan Wajib Pajak diwajibkan untuk mencantumkan alamat surat elektronik (email address) dan nomor telepon seluler yang valid dan aktif sebagai sarana untuk pengiriman kode verifikasi, notifikasi, dan bukti penerimaan elektronik pada proses e-Filing.

Setelah proses registrasi berhasil maka Wajib Pajak akan menerima email yang berisi username, password, dan tautan untuk mengaktifkan akun e-Filing. Untuk menyampaikan SPT tahunan setelah memiliki akun e-Filing , Wajib Pajak harus melakukan log in pada akun e-Filing dengan memasukan username dan password yang sudah didapt sebelumnya, lalu pilih menu susuai dengan jenis SPT yang hendak disampaikan. Proses mengisi SPT tahunan secara online yang sesuai dengan petunjuk dan tata cara pengisian juga tersedia dalam website.

Dengan program e-Filing ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat penyampian SPT tahunan pajak penghasilan bagi para Wajib Pajak. Hal ini sejalan dengan akses kini yang segala sesuatunya dapat dilakukan secara online. (Am/Riky)