Dekan Lepas Peserta PKM 2014

371

IMG_4473(Eduspotnews)  FKIP Unila kembali melepas mahasiswa yang berkualifikasi pendidikanya untuk melaksanakan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Kegiatan pelepasan ini  berlangsung di aula A dekanat FKIP Unila yang dihadiri oleh Dekan FKIP Unila didampingi Sekretaris PLT dan dosen pembimbing lapangan. Dalam sambutannya, dekan mengharapkan kepada semua peserta PKM dapat memaksimalkan program ini untuk mempraktekkan ilmu, keterampilan, dan pengetahuan selama menjalani S1 Dalam Jabatan. Tidak hanya itu, dekan menekankan agar PKM tidak hanya dilaksanakan untuk memenuhi target waktu, tapi lebih kepada peningkatan knowledge, substansi materi yang diberikan kepada anak didik, pedagogik, serta kepribadian dalam pembelajaran.

PKM sendiri yakni suatu program yang sedikit berbeda dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang biasa dilakukan oleh mahasiswa reguler dan non-reguler. Kegiatan ini lebih kepada pemantapan pengalaman mengajar, karena PKM pada umumnya dilaksanakan oleh mahasiswa S1 Dalam Jabatan yang rata-rata sudah mengajar di sekolah namun belum menyandang gelar sarjana pendidikan S1.

PKM tahun 2014 kali ini dilaksanakan mulai 19 Maret 2014 pada sekolah-sekolah yang telah ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan mengajar dan berakhir pada 2 Mei 2014. FKIP Unila sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mendapat tugas menyelenggarakan program S1 Dalam Jabatan, juga mengharapkan feedback dari lapangan mengenai informasi yang nyata dan terbaru demi perancangan program ke depan yang lebih baik dan tepat sasaran, sehingga output yang dihasilkan akan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Di akhir acara pelepasan tersebut, para peserta langsung melakukan pengisian kuisioner yang telah disiapkan fakultas guna pengembangan dan database intern. (Riky)