HIMASAKTA GELAR GEMPITA 2014 SE-SUMBAGSEL

579

DSC_5909(Eduspotnews): Himpunan Mahasiswa Eksakta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung mengadakan kegiatan Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta (GEMPITA) di Pelataran Aula K FKIP Unila pada Kamis (27/2). Acara tahunan ini merupakan periode ke-6 gelaran HIMASAKTA FKIP Universitas Lampung. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Kibarkan Karya Anak Bangsa Melalui Gelaran Saintis Muda dengan Jiwa yang Kreatif, Kompetitif, dan Produktif’. Lomba-lomba dan ajang kreativitas bagi siswa SMP dan SMA se-Sumbagsel ini menjadi rangkaian selama empat hari dari 27 Februari hingga 2 Maret 2014. Selain itu, terdapat acara tambahan yakni bazar himasakta dan Training Spiritual Quotient (TSQ).

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Siti Maedasuri membuka acara secara resmi mewakili Gubernur Lampung. Dalam sambutannya, Maedasuri menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi sangat mendukung kegiatan ini dikarenakan secara tidak langsung bermanfaat untuk pembangunan sumber daya masyarakat yang ada di provinsi Lampung. “Apabila tahun ini kita evaluasi dan memiliki output yang baik, maka Insya Allah tahun depan Pemprov akan bantu sepenuhnya”, lanjut Siti saat diwawancarai.

Jumlah peserta kegiatan ini GEMPITA 2014 mencapai 900 peserta baik dari tingkat SMP maupun SMA. Dengan angka itu, Siti mendukung perlu adanya andil Pemerintah Provinsi dalam persiapan dan pelaksanaan yang lebih matang pada GEMPITA tahun mendatang.

Kegiatan ini digelar dengan berbagai perlombaan untuk kategori siswa SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Sumbagsel. Pada pelakasanaannya, terdapat sembilan kategori pelombaan. Kategori tersebut di antaranya Lomba Artikel Ilmiah, Lomba Cerpen Ilmiah, Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi, Lomba Keterampilan Laboratorium Kimia, Lomba Olimpiade Sains Kerohanian, Lomba Alat Peraga Fisika, Lomba Majalah Dinding (MADING), Lomba Pemanfaatan Barang Bekas, dan Olimpiade Sains SMP. Satu cabang lomba yang menarik adalah Lomba Pembuatan Komik Matematika. Ini merupakan lomba pembuatan komik yang digunakan sebagai bahan untuk mengajarkan konsep matematika. Pembuatan komik ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan anggota dua sampai empat orang. Setelah melalui tahap penyeleksian, akan terpilih 10 besar kelompok pembuat komik terbaik untuk mempresentasikan karyanya pada saat pelaksanaan lomba.

Selanjutnya, Lomba Penciptaan Alat Peraga Fisika. Pada lomba ini, peserta membuat alat peraga fisika dan berusaha menjelaskan suatu konsep fisika menggunakan alat peraga sederhana. Lomba ini menuntut peserta berpikir kreatif untuk menciptakan alat peraga sederhana yang terbuat dari bahan-bahan sederhana yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti lomba pembuatan komik, lomba pembuatan alat peraga fisika  ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan anggota maksimal empat orang.

Selain itu, terdapat juga Lomba Keterampilan Laboratorium Kimia. Ini merupakan lomba yang menguji tingkat keterampilan peserta terhadap penggunaan alat-alat peraga kimia dan menggunakannya untuk membuktikan dan mencari suatu konsep kimia. Perlombaan ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari dua sampai empat orang tiap kelompoknya. Perlombaan ini menggunakan sistem kompetisi untuk menentukan pemenangnya.

Ada juga Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Biologi. Ini merupakan lomba pembuatan karya tulis ilmiah bidang biologi, yang mengaitkan konsep biologi dengan tema yang telah ditentukan. Tema tahun ini adalah “Inovasi Teknologi Lingkungan untuk Kebangkitan Bangsa”.

Selebihnya adalah Lomba Majalah Dinding (LOADING) yang bertemakan “Potensi Alam Sumatera”. Lomba pembuatan majalah dinding ini juga dilakukan secara berkelompok dengan anggota maksimal empat  orang tiap timnya.

Olimpiade Sains Kerohanian (OSAKA) juga akan berlangsung mewarnai jalannya rangkaian lomba. Bentuk Olimpiade Kerohanian ini yaitu berupa pembuatan karya tulis yang berdasarkan observasi atau telaah pustaka yang kemudian akan dipresentasikan. Isinya mengaitkan antara sains dan agama.

Lomba Pemanfaatan Barang Bekas (PEMANGKAS). Ini merupakan lomba untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak berguna menjadi barang-barang yang lebih berguna, dan bernilai seni. Lomba ini terdiri dari maksimal empat orang tiap timnya. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa seni dan kreativitas murid SMA se-Sumbagsel.

Ada yang baru dalam acara GEMPITA 2014 ini, yaitu Lomba Artikel Ilmiah dan Cerpen Sains (LAICS). Untuk lomba artikel ilmiah, bertema “Sainsku, Kehidupanku”. Artikel yang dibuat merupakan karya individu/bukan kelompok, orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, belum pernah dipresentasikan dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apa pun. Untuk lomba Cerpen Sains, bertema “Sainsku, Kehidupanku”. Cerpen yang dibuat merupakan karya individu, orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, belum pernah dipresentasikan dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apa pun. Artikel Ilmiah atau Cerpen Sains dikirim saat pendaftaran. Pemenang akan diumumkan saat penutupan dan karya pemenang akan dimuat dalam Buletin Radiasi Himasakta FKIP Unila.

Untuk lomba kategori siswa SMP/sederajat se-Sumbagsel, HIMASAKTA menghadirkan Olimpiade Eksakta Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ditujukan untuk siswa SMP atau sederajat dalam bentuk pengerjaan soal (olimpiade) dalam bidang Sains MIPA. Olimpiade ini terdiri dari empat cabang, yaitu: Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika, Olimpiade Kimia, dan Olimpiade Biologi. Perlombaan ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap penyeleksian dan tahap analisis. (Rf/D1/Fd)