FKIP BERINOVASI MELALUI CAGI

305

IMG_0322(Eduspotnews):Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung bekerja sama dengan tiga perusahaan hardware ternama di Indonesia, menyelenggarakan seminar dan workshop “Creative Animation & Gaming Industry (CAGI)”, pada Sabtu (25/1) di Gedung A FKIP Unila. Pembicara pada seminar teknologi ini yaitu Auges Savara dari Heroges Creative Animation Industry, Jenny Susanto dari AMD Indonesia, dan Togie Verlianta dari Western Digital Indonesia. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Budi Kadaryanto S.Pd. MA selaku Ketua Unit Database dan Publikasi Ilmiah FKIP yang menaungi unit  ICT Center FKIP Unila. Seminar berbasis teknologi ini merupakan kali pertamanya bagi FKIP Unila yang dihadiri tidak kurang dari 220 orang peserta, yang terdiri dari kalangan siswa sekolah, mahasiswa dan umum.  Acara ini bertujuan sebagai media update teknologi bagi para pelajar dan umum, khususnya bidang industri kreatif animasi dan game, guna menciptakan semangat Campus Entrepreneur.

Togi Ferlianta selaku manager Western Digital menjelaskan spesifikasi hardware keluaran terbaru yang di luncurkan oleh WD Indonesia. Hardware tersebut antara lain hardisk yang memiliki 4 tipe yakni  WD Blue, WD Green , WD Black , dan WD Red. Sedangkan Update teknologi AMD terbaru disampaikan oleh Jenny Susanto. AMD memiliki keunggulan penggabungan dua otak prosesor dalam satu chip. Teknologi ini baru saja disempurnakan dan diluncurkan pada awal tahun 2014.

Materi tentang desain game dan animasi disampaikan oleh Auges Savara dari Heroges Creative Animation Industry. Auges menyampaikan bahwa dalam membuat suatu games, hal paling pertama dilakukan yakni merancang konsep serta daya imajenasi. Auges juga mendemonstrasikan secara langsung pembuatan game serta cara pengaturan tingkat kesulitan dalam suatu game.

Di akhir acara seminar dan workshop, panitia membagikan hadiah serta doorprize dengan pengundian dari tiket peserta. Budi Kadaryanto berharap agar seminar dan workshop ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk lebih bisa berinovasi dalam teknologi animasi dan  komunikasi modern serta menjadi ajang pembelajaran dan bahan ajar virtual khususnya bagi mahasiswa FKIP sendiri.(Rf/Dy)

1 COMMENT