In MEMORIAM : Aditya Prasetya Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2007

631

1455946_3712134538715_1341831858_n(Eduspotnews) :Pemuda penyuka tantangan kelahiran Bandar Lampung ini,  biasa di panggil Adit. Selama menjadi mahasiswa ia pernah berpengalaman sebagai Menteri Hukum dan Advokasi BEM U Keluarga Besar Mahasiswa dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM KBM) dikampusnya. Diluar kampus ia pun aktif sebagai pimpinan KAMMI Daerah Lampung dan menjadi  insiator gerakan antikorupsi kalangan pelajar di daerahnya. Selain itu, selama kuliah di Pendidikan Fisika FKIP  Universitas Lampung, ia membiayai sendiri kuliahnya dengan mengajar dibeberapa lembaga pendidikan dan bekerja disejumlah proyek penelitian sosial.
Pengalamannya menjadi aktivis kampus sembari bekerja pun memaksanya untuk belajar memahami berbagai permasalah bangsa ini. Alhasil dari sanalah ketergerakan hati untuk lebih berkontribusi aktif memajukan bangsa lewat pendidikan timbul. Karena baginya, pendidikan adalah titik awal advokasi rakyat sesungguhnya. Ia menemukan kesempatan yang baik itu ada pada Gerakan Indonesia Mengajar. Ia pun memberanikan diri untuk bergabung dengan gerakan ini.
Tergabungnya ia sebagai  Pengajar Muda angkatan 6 ini pun digunakannya untuk berusaha menuntaskan kewajibannya sebagai warga negara yaitu memenuhi janji kemerdekaan bangsa ini. Dengan menjadi Pengajar Muda, ia mencoba memanfaatkan dengan maksimal kesempatan memenuhi janj itu, membantu mencerdaskan kehidupan bangsa lewat mengajar di daerah terpencil. Selama satu tahun, ia menyumbangkan waktu mudanya  untuk menjadi Pengajar Muda di SD Kristen Wunlah, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Dalam Obituari di situs Indonesia Mengajar dijelaskan, Aditya pamit tidur pada pukul 21:00 WIT, Senin (4/11/2013). Keesokan harinya, (5/11/2013), saat hendak dibangunkan (4:30 WIT), badannya dalam keadaan dingin. Dokter sempat memeriksa tubuh Aditya, sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia. Jelang sore, jenazah Aditya akan diterbangkan menuju Lampung, kampung halamannya. Alumni FKIP Universitas Lampung itu telah lima bulan mengabdi sebagai Pengajar Muda angkatan VI di SDK Wunlah, Kabupaten MTB. Selamat jalan Aditya Prasetya pengajar muda maluku tenggara barat …inspirasimu akan terus mengalir.. semangatmu akan terus teringat..

1 COMMENT