Peringati Sumpah Pemuda, FKIP Unila Gelar Parade

894

Untitled(Eduspotnews) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung melaksanakan upacara peringatan hari sumpah pemuda yang dilaksanakan di halaman Gedung Serba Guna Unila, Senin (28/10). Upacara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dipimpin langsung oleh dekan FKIP Dr. Bujang Rahman, M.Si. Upacara tersebut  diikuti oleh seluruh civitas akademika FKIP Unila baik para Pembantu Dekan, ketua jurusan, ketua progam studi dan mahasiswa yang utamanya mahasiswa angkatan 2013. Kegiatan ini di semarakkan dengan penampilan marchingband FKIP Swara Edukasia dan parade pakaian adat lampung di bawah binaan Drs. Tontowi Amsia, M.Si yang juga sebagai pembina pramuka FKIP Unila.

Didalam pidatonya, Dekan menyampaikan bahwa dalam peringatan sumpah pemuda ini bukanlah sekedar ceremonial belaka, namun mempunyai makna yang mendalam dimana dalam upacara ini kita menghayati nilai-nilai perjuangan para pemuda demi kemerdekaan Republik Indonesia yang bisa kita nikmati bersama. Mahasiswa sebagai cerminan pemuda saat ini diharapkan dapat mentaati kode etik yang ada, menjadi pejuang  dalam menegakkan karakter Indonesia, menjadi pelopor karakter dan menjadi contoh bagi mahasiswa lain.

Bujang juga menginstruksikan kepada Pembantu Dekan 3 dan Penanggung Jawab mata kuliah kepramukaan untuk menjadikan mata kuliah ini menjadi insrument penilaian untuk melihat perkembangan mahasiswa. Bagi mahasiswa/i FKIP Unila yang tidak mematuhi dan mentaati kode etik FKIP Unila maka mahasiswa/i tersebut akan diberikan sanksi yaitu tidak akan diberi bea siswa, dan jika dengan sengaja melanggar kode etik tersebut maka akan dipanggil orang tua/ wali untuk membuat surat pernyataan pengunduran diri dari FKIP Unila.

Selaras dengan itu, pembina pramuka Drs. Tontowi Amsia juga menegaskan bahwa hari sumpah pemudi ini bukan hanya untuk diperingati, tapi juga harus dijadikan doktrin untuk kebangkitan bagi para pemuda yang rasa nasionalisme dewasa ini sudah mulai memudar khususnya mahasiswa/i FKIP Unila.

Setelah upacara selesai seluruh peserta berparade mengelilingi universitas. Dalam parade tersebut Dekan FKIP Unila ikut serta dengan berjalan kaki menyusuri jalanan Unila. Lagu-lagu nasional ikut mengiringi jalannya parade yang dimainkan oleh Marching Band Swara Edukasia. Parade berakhir di FKIP dan dilanjutkan dengan kegiatan lomba-lomba.(Ard/Ty/Rk)