Pelatihan Jurnal dan Sosialisasi Prinsip Penelitian

258

DSC_0146(Eduspotnews) : Seluruh pengelola jurnal program studi (prodi) di FKIP Unila mengikuti pelatihan pengembangan publikasi ilmiah di ruang sidang dekanat FKIP, Rabu (25/9). Kegiatan ini menghadirkan Prof. Beverly Lindsay P.hD, EdD  dari Penn State University, Pennsylvania USA sebagai pemateri tentang jurnal internasional. Beliau juga sedang melakukan penelitian di Lampung terhadap batas-batas kode etik penelitian ilmiah khususnya kemanusiaan. Pelatihan tersebut dipandu oleh ketua unit database FKIP Unila Budi Kadaryanto, S.Pd, M.A. yang sekaligus ikut menerjemahkan penyampaian-penyampaian dari Profesor Lindsay.

Lindsay menjelaskan awal mula terbentuknya suatu penelitian ilmiah yakni bermula ketika perang dunia II berakhir. Dengan banyaknya korban pada waktu itu, maka World Medical Asosiation tahun 1964 membentuk beberapa kode etik dalam suatu penelitian. Disebutkan bahwa dalam suatu penelitian harus didasarkan pada aspek inti yakni kemandirian (autonomy), kebermanfaatan (benefits) dan keadilan (justice). “Sebagai peneliti, seseorang harus mengutamakan aspek-aspek mental pada subjek,” pesan Lindsay saat memberikan materi.

Berbeda dengan Indonesia, penelitian di Amerika pada umumnya  sangat memperhatikan kode etik serta aspek-aspek yang hendak diteliti, misalnya saja pada penelitian anak usia dini, ada badan khusus yang mengatur tentang perizinan apakah seseorang atau lembaga boleh melakukan penelitian tersebut. Begitu juga dengan jenis metode penelitian yang digunakan harus sesuai dengan penelitian kepada anak usia dini. (Riky/Edi)