Penutupan KKN-KT dan PPL FKIP Unila

1621

fixed copy(Eduspotnews) : Setelah kurang lebih 2 setengah bulan menjalani praktik KKN-KT di daerah-daerah di Provinsi Lampung, para mahasiswa KKN-KT dan PPL Universitas Lampung akhirnya menyelesaikan program kuliah kerja nyata tersebut. Pada Senin (16/9) seluruh mahasiswa KKN-KT yang berpraktik di Lampung Barat menggelar acara penutupan program KKN-KT di Aula PLTA Way Besai, Sumberjaya KabupatenLampung Barat. Pada kesempatan itu Ketua PLT FKIP Unila, Mulyanto Widodo; Sekretaris PLT FKIP Unila, M. Basri dan para dosen pembimbing lapangan hadir mewakili Dekan FKIP yang sedang menghadiri kegiatan bersama Rektor Unila di Manado. Sebelum hadir di acara pelepasan dan perpisahan mahasiswa KKN-KT tersebut, Ketua PLT juga mengunjungi beberapa sekolah yang menjadi tempat mahasiswa praktik mengajar.  Acara pelepasan dan perpisahan mahasiswa KKN-KT dihadiri langsung oleh Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat, Nukman MS.

Dalam sambutannya Mukhlis mengucapkan banyak terima kasih kepada FKIP Unila telah membantu pemerintah dalam peningkatan mutu serta kualitas pendidikan di kabupaten Lampung Barat. Hal ini sejalan dengan program utama pemerintah daerah yang berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten Lampung Barat. Mahasiswa KKN-KT dan PPL tahun 2013 yang kurang lebih berjumlah 985 orang ini tersebar di tiga kabupaten di provinsi Lampung. Kabupaten itu antara lain Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung Barat dan Pesisir Barat. Program-program KKN-KT yang telah terselenggara antara lain pembentukan sanggar seni untuk melestarikan kesenian, baik seni rupa maupun seni tari, pelatihan  mengenai pendidikan karakter (educating by heart), workshop penerapan kurikulum 2013, menejemen kepemimpinan kepala sekolah, pelatihan sistem informasi geografi (SIG) dan program pengajaran  di sekolah-sekolah yang telah ditunjuk untuk menyelenggarakan PPL.

Sementara itu, acara penutupan Program KKN-KT juga digelar pada Selasa (17/9) di Tulang Bawang Barat. Mahasiswa dari masing-masing kabupaten yang telah melaksanakan penutupan KKN-Kependidikan Terintegrasi dan PPL dijemput dengan bus yang telah disediakan oleh pihak fakultas yang kemudian akan dikumpulkan kembali di FKIP Universitas Lampung. (Rf/Ed)