Visitasi Program Studi Pendidikan Geografi

741

DSC_0237(Eduspotnews) : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan kegiatan visitasi Program studi pendidikan geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila, pada Rabu (11/9). Adapun visitasi tersebut dilakukan erat kaitannya dengan proses akreditasi prodi geografi FKIP Unila. Perwakilan dari Badan Akreditasi Nasional yang memvisitasi prodi geografi yakni Prof. Dr. Sugeng Utoyo, M.Si. dan Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana, M.S. Hari pertama kegiatan visitasi dilaksanakan di tingkat fakultas dan hari kedua di tingkat program studi. Untuk di tingkat fakultas, Dekan FKIP yang didampingi kepala jurusan IPS, ketua program studi geografi,  dan ketua unit penjamin mutu fakultas menjabarkan beberapa mutu kinerja program studi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Kinerja tersebut meliputi pelaksanaan, evaluasi, hasil audit hingga kondisi bangunan di lingkungan FKIP.

Selain itu, dekan juga menyampaikan beberapa kemajuan FKIP yang diperoleh dalam bidang teknologi dan publikasi. Antara lain mulai tahun 2013, FKIP melaksanakan KKN-KT yang terintegrasi dengan PPL. Di mana kontrol  pelaksanaan kegiatan tersebut, dikontrol melalui website FKIP Unila. Kontrol tersebut meliputi pendaftaran mahasiswa KKN-PPL, rekap biodata, laporan mingguan pelaksanaan KKN-PPL, jadwal penempatan dan pembagian kelompok serta dosen pembimbing lapangan. Pengembangan kemajuan FKIP bidang teknologi ini juga diterapkan pada sistem legalisir online, anjungan informasi  FKIP, PLPG dan portopolio dosen.

Kemajuan-kemajuan FKIP yang disampaikan dalam visitasi tersebut ada kaitannya dengan kinerja program studi. Semua program studi di FKIP ikut memanfaatkan media informasi yang berbasis website. Bujang juga menyampaikan bahwa ada beberapa program studi yang mulai melenggarakan kuliah virtual dengan bantuan server FKIP. Terkait visitasi tersebut BAN PT mengunjungi prodi geografi di hari kedua untuk melakukan penilaian. (Rf)