Temu Orang Tua/Wali Mahasiswa dengan Civitas Akademika FKIP Unila

355

DSC_0192(Eduspotnews) : Selasa (10/9) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung  mengadakan acara temu orang tua/wali mahasiswa baru angkatan 2013 di GSG Unila. Acara tersebut dibuka oleh Pembantu Rektor 1 Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, MP. Acara temu orang tua dan wali ini bertujuan untuk mengajak para orang tua mahasiswa khususnya angkatan 2013 untuk sharing serta bersilaturahmi dengan pihak kampus FKIP Unila.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung serba guna Unila ini mengundang kurang lebih 1500 orang tua/wali mahasiswa angkatan 2013. Dalam acara tersebut juga dipaparkan beberapa informasi mengenai beasiswa serta sosialisasi uang kuliah tunggal (UKT) dimana tahun 2013 ini setiap perguruan tinggi memulai  pelaksanaannya. Di FKIP Unila sendiri ada 10 macam beasiswa internal yang dapat diperoleh oleh mahasiswa guna keperluan  pendidikannya di unila. Beasiswa tersebut antara lain PPA, BBM, Bidik misi, beasiswa bantuan PT Gas Negara, Supersemar, beasiswa BUMN, beasiswa bantuan Eka Cipta Foundation, beasiswa bantuan penulisan skripsi dari Coca Cola, beasiswa Bank Indonesia, dan beasiswa PMPAP khusus dari Unila.

Acara yang diprakarsai oleh Dekan FKIP Unila Dr. Bujang Rahman, M.Si ini bertujuan agar ada sinkronisasi antara orang tua mahasiswa dan para dosen yang sama-sama mendidik serta membelajarkan mahasiswa tersebut. Menurut beliau  FKIP ini menduduki tempat yang strategis dalam pembangunan bangsa. Dalam penyampaiannya, Bujang mengatakan bahwa guru-guru lulusan dari FKIP ini akan menjadi tenaga pendidik yang profesional. Oleh karena itu, seorang guru yang profesional ada beberapa kompetensi yang harus dikuasi. Antara lain kompetensi pedagogig dimana Seorang guru harus mampu mengelola kelas secara profesional dan mampu menguasai materi yang akan mereka ajarkan pada anak didiknya. Selain itu ada kompetensi sosial yakni seorang guru mampu ikut bermasyarakat dan berkomunikasi dengan baik. Serta kepribadian dari seorang guru yang seyogyanya pantas sebagai seorang guru, sehingga guru bisa mentransferkan dan menanamkan kepribadian yang baik pada anak didiknya. Maka dari itu FKIP Universitas Lampung membekali para mahasiswanya dengan hal-hal mengenai cara dan proses belajar mengajar sehingga output guru profesional yang diharapkan nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang bermanfaat serta bersaing di pasar global. Acara ini berakhir pada pukul 12.00 serta diakhiri dengan silaturahmi berjabat tangan antara wali mahasiswa dengan para dosen FKIP Universitas Lampung.(Riky/Edi/Tyas/Anwr)