Kebijakan Pengembangan Profesi Guru Jadi Materi Pembuka PLPG Tahap 1

1067

plpg(Eduspotnews) : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan selaku penyelenggara Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon 107 Universitas Lampung tahun 2013 memulai pelaksanaannya di lima lokasi yang terpisah. Lokasi tersebut yakni Wisma Unila, LPMP, MAN 1 Bandar Lampung , LEC Metro dan Wisma Bandar Lampung. Pada Pelaksanaan PLPG tahun ini, Rayon 107 membagi jadwal PLPG menjadi 9 tahapan. Dimana pada tahapan pertama Dekan FKIP Unila Dr. Bujang Rahman, M.Si menyampaikan materi PLPG mengenai Kebijakan Pengembangan Profesi Guru kepada para peserta PLPG tahap 1 di Wisma Unila, Sabtu (24/8). Pada kesempatan tersebut, Bujang membahas beberapa poin penting mengenai hakikat pendidikan, posisi guru dalam proses pendidikan, serta profesionalisme guru. Dalam penerapannya, keprofesionalan harus diterapkan secara berkembang dan berkelanjutan. Karena dalam pembentukan suatu pribadi, ada peran penting dari guru-guru yang memiliki keprofesionalan dalam pendidikan sehingga terbentuklah generasi-generasi yang matang.

Di kelas yang terpisah, hadir juga Prof. Sudjarwo,M.S. ikut masuk dalam jadwal penyampaian materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru.  Pada pelaksanaan PLPG kali ini, keterlibatan peserta diharapkan keterlibatan lansung terhadap proses pembelajaran. Sehingga kesiapan dari pemateri harus benar-benar dipersiapkan sebelumnya.  “Pada saat penyampaian materi, instruktur hanya berperan 10-20 persen saja. Sedangkan 80 persen lagi tiap peserta dapat mengembangkan ide dan menambah tingkat interaksi simbol, pengetahuan, nilai dan sikap sesuai stimulus materi yang disampaikan sebelumnya, ” jelas Sudjarwo saat diwawancarai seusai kelas.

Dengan hadirnya guru yang professional setelah pelaksanaan PLPG ini, diharapkan terciptanya manusia yang berkualitas dan berkompeten serta  meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga  dapat terbentuklah kemajuan peradaban di masa yang akan datang.

 (Riky)