Sertifikasi Guru : Mau Lulus PLPG ?

293

Sergur Online : PLPG merupakan langkah kedua setelah guru mengikuti Uji Kompetensi Guru. Tentunya, PLPG harus dihadapi dengan penuh suka cita oleh para guru. Ada harap dan cemas dalam diri guru. Jangan khawatir, PLPG merupakan sebuah kegiatan pelatihan dan pendidikan yang diakhiri dengan tes. Itu berarti seperti guru ketika dahulu kuliah, prajabatan, inservice training, penataran, atau apalah namanya. Jadi, mengapa harus harap cemas. Yang penting siapkan diri lahir batin untuk bertekad mengembangkan diri menjadi guru professional.

Berikut ini ada beberapa informasi yang perlu diperhatikan :

Pertama, jangan percaya kepada siapapun tentang jalan pintas atas tawaran oknum yang menjanjikan dapat meluluskan PLPG lewat jalan belakang. Sistem PLPG tidak memungkinkan jalan belakang makanya lewat jalan depan saja alias ikuti dari awal sampai akhir. Selama proses sertifikasi guru, pada tahap sebelum maupun sesudahnya, tidak dipungut biaya apapun.

Kedua, persiapkan diri sebaik-baiknya sehingga tidak pesimistis, grogi, dan kalah sebelum berperang. Asesor bukan hantu yang menakutkan melainkan kawan pendamping yang akan memandu sampai selesai dari hari ke hari.

Ketiga, senantiasa mengikuti perkembangan informasi dari jalur resmi, yakni situs http://fkip.unila.ac.id atau http://sergu.fkip.unila.ac.id dari waktu ke waktu. Dalam situs itu, informasi terbaru akan selalu diunggah.

Keempat, taati ketentuan untuk peserta PLPG. Ketentuan dalam bentuk tata tertib itu sebenarnya untuk memudahkan dan berkonsentrasi peserta PLPG. Jadi, tata tertib bukan penghalang melainkan penunjang.

Kelima, bawalah buku, RPP, silabus, dan acuan tulis yang lainnya. Siapa tahu akan membantu peserta saat lokakarya di kelas.

Keenam, sebelum berangkat, pelajari denah lokasi agar tidak terlambat.

Ketujuh, jika ingin sukses PLPG, syarat paling pas adalah bergembiralah, senang, dan bahagia dalam mengikuti PLPG. Hilangkan pikiran negatif dan perasaan susah.

Kedelapan, pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2013 berbasiskan prodi LPTK penyelenggara, sehingga peserta yang mengikuti PLPG pada suatu rayon LPTK tidak hanya berasal dari daerah tempat LPTK berada, akan tetapi juga dari daerah/provinsi lain yang prodinya tidak ada pada LPTK di daerah/provinsi tersebut.

*Panitia Sertifikasi Guru Rayon 107 Universitas Lampung*