Semarak HUT RI Ke 68 di Universitas Lampung

618

HUT RI 2013 - Copy(Eduspotnews) : Sabtu (17/8) seluruh civitas akademika Universitas Lampung melaksanakan upacara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68. Upacara yang digelar di lapangan universitas lampung mulai pukul  07.30 WIB ini dipadati oleh seluruh karyawan, dosen, mahasiswa, dan para pimpinan fakultas di universitas lampung. Pada pelaksanaan upacara kali ini berlangsung tertib dan hikmah. Tampak beberapa perwakilan dari unit kegiatan mahasiswa tingkat universitas ikut menjadi petugas upacara antara lain UKM Menwa, Pramuka dan KSR. Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S. selaku inspektur upacara menyampaikan sambutan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Dalam pidatonya, Sugeng menyampaikan pentingnya semangat saling menghormati dan saling menghargai.  Toleransi dan kesantunan antar warga negara merupakan salah satu pokok kemajemukan yang bermuara pada kesatuan bangsa. Tugas-tugas pembangunan termasuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu kewajiban dari universitas sebagai salah satu lembaga pendidikan. Karena dengan meningkatnya kualitas SDM, maka secara bertahap, perekonomian bangsa akan tumbuh dengan baik dan meningkat.

Universitas Lampung sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Lampung terus berusaha meningkatkan kualitas di berbagai bidang. Hal ini sejalan dengan visi universitas lampung yakni pada tahun 2025 menjadi perguruan tinggi sepuluh terbaik di Indonesia. Dalam pidatonya juga, Sugeng menyampaikan agar kita selaku warga negara pada umumnya dihimbau untuk melakukan pergeseran orientasi dari pertumbuhan ekonomi yang berbasis sumber daya alam ke kualitas sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan mampu berfikir orde tinggi. Sehingga akses ke pendidikan yang kualitas dan berkeadilan menjadi penting dan strategis.

Di akhir pidatonya, Sugeng menambahkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 juga dirancang untuk memperkuat prinsip kemajemukan sebagai realitas sosial  bagi bangsa indonesia. Pendidikan merupakan modal utama yang memiliki fungsi berkelanjutan dalam pembangunan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia. (Riky)