Jelang PLPG, Kepala Badan PSDMPPMP Kemdikbud Bekali Asesor Materi Kurikulum 2013

761

S1290009(Eduspotnews) : Bertempat di aula K FKIP Universitas Lampung, pembekalan assessor Pedidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) digelar. Materi yang dibawakan meliputi konsep dan implementasi kurikulum 2013. Peserta terdiri atas 220 assessor dan calon assessor PLPG 2013 dari perguruan tinggi negeri dan swasta. Unila dan tiga perguruan mitra yaitu, Universitas Muhammadiyah Metro, PGRI Bandar Lampung, dan STKIP Muhammadiyah Pringsewu. Acara ini dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Pejaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPPMP) Kemdikbud, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. didampingi pula dua staf badan PSDM dan PMP, Santi Ambarukmi dan Ana Lisdiana. Hadir juga Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Dra. Hj. Djuariyati, M.Pd.

Acara dibuka langsung oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S. didampingi Dekan FKIP Dr. Bujang Rahman, M.Si. Acara tersebut menerangkan pentingnya mengubah mindset guru dari KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) 2006 menjadi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Sebab terdapat perbedaan cara ajar kepada dua kurikulum tersebut.

Kurikulum 2013 adalah integrasi  pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga diharapkan nantinya seluruh perilaku serta pengetahuan anak didik dipandu oleh sikapnya. Selanjutnya, scientific approach yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan ilmiah.  Melalui pendekatan ini, diharapkan kegiatan belajar siswa diawali dengan objek yang berkaitan. Sehingga prinsip pembelajaran 2013 berpusat kepada pembelajaran siswa.

Bujang berharap kepada semua assessor dalam PLPG dapat menjadi model bagi guru-guru dalam menerapkan kurikulum 2013. Prof. Syawal menambahkan bahwa dasar pembuatan kurikulum 2013 ini adalah dari kurikulum sebelumnya dan menyempurnakan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Perubahan dan penyempurnaan itu meliputi materi secara holistik atau menyeruluh serta pendekatan-pedekatan muatan kurikulum.

Dr. Handoko selaku assessor sertifikasi sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Metro mengungkapkan bahwa antusiasme dari para peserta pembekalan tampak pada saat penyampaian kurikulum materi 2013 oleh Kepala Badan PSDM Kemendikbud.

Diakhir acara, para peserta mengharapkan agar tiap assessor dapat menyampaikan kembali kurikulum 2013 secara utuh kepada guru, sehingga guru dapat memahami apa yang terkandung dan menjadi tujuan dalam penerapan kurikulum 2013 tersebut.(Rf/Syfl/Wd/By/Dy/Ll)

1 COMMENT