Persiapan Pembekalan Asesor Sertifikasi Guru Rayon 107 Universitas Lampung

776

persiapan sertikasi guru(Eduspotnews) : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung dalam waktu dekat akan menyelenggarakan sertifikasi guru tahun 2013. LPTK yang termasuk dalam Rayon 107 ini melaksanakan beberapa persiapan  menjelang pelaksanaan sertifikasi yang diperkirakan akan dilaksanakan pertengahan bulan Agustus, salah satunya yakni pembekalan asesor yang dalam rencananya akan dilaksanakan Jum’at (2/8). Persiapan pembekalan asesor ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Bujang Rahman, M.Si  di aula K FKIP. Acara ini dihadiri dosen dari program studi yang ada di FKIP Unila yang sudah memiliki Nomor Induk Asesor (NIA) dan dosen dari mitra penyelenggara sertifikasi guru antara lain dari Universitas Muhammadiyah Metro, STKIP PGRI Bandar Lampung, STKIP Muhammadiyah Pringsewu.

Dalam penjelasannya, Bujang menyampaikan bahwa penyelenggaraan sertifikasi guru di Provinsi Lampung tahun 2013 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di mana tahun-tahun sebelumnya ada penilaian portofolio dan pemberian sertifikat langsung, namun di tahun 2013 hanya ada satu jalur yakni Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Khusus rayon 107 Universitas Lampung, para peserta sertifikasi guru dapat memantau informasi mengenai sertifikasi secara langsung melalui situs resmi sertifikasi guru FKIP Unila http://sergu.fkip.unila.ac.id yang ini memudahkan para calon peserta khususnya yang dari luar Kota Bandar Lampung. Selain itu, para asesor yang telah memiliki Nomor Induk Asesor diminta untuk melakukan registrasi ulang melalui situs http://fkip.unila.ac.id. Registrasi ulang ini dimaksudkan untuk meng-update data para asesor sertifikasi sehingga dapat tampil pada daftar tahun 2013.

Selain pemaparan tentang pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2013, Bujang juga membahas kembali pelaksanaan sertifikasi tahun yang lalu dan beberapa bahasan mengenai kurikulum 2013. Harapannya untuk sertifikasi di tahun 2013, para  asesor harus lebih teliti dan profesional dalam menjalankan tugasnya terlebih lagi dalam pembekalan peserta sertifikasi untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 tersebut.(Riky)