Beswan Djarum Laksanakan Seleksi Calon Penerima Beasiswa di FKIP Unila

845

(Eduspotnews) : Beasiswa Djarum Plus merupakan salah satu bagian dari kegiatan Djarum bakti pendidikan PT. Djarum. Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi dan memenuhi syarat ini berlaku bagi mahasiswa pada semester 4 (tahun kedua). Syarat untuk mengikuti program beasiswa ini antara lain yaitu :

  1. Mahasiswa semester 4 (tahun kedua) dari universitas yang sudah terdaftar di Djarum Beasiswa Plus.
  2. IPK semester 3 minimal 3.0.
  3. Aktif dalam kegiatan organisasi internal maupun eksternal kampus (dibuktikan dengan surat rekomendasi dari organisasi yang kita ikuti).
  4. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download di website Djarum Beasiswa Plus.

Program Beswan Djarum bertujuan untuk memajukan pendidikan melalui pemberdayaan mahasiswa berprestasi tinggi, dalam berbagai pelatihan soft skills guna membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan serta menjadi pemimpin yang cakap intelektual, emosional dan spiritual. Bentuk beasiswa djarum itu sendiri diberikan dalam bantuan biaya pendidikan dan para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) juga menerima manfaat lain berupa program pelatihan soft skills, yang merupakan kelebihan dari Program Djarum Beasiswa Plus, yaitu dengan mengikuti kegiatan Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure dan Community Empowerment. Tujuannya tidak lain agar para Beswan Djarum kelak bisa menjadi manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan sebagai calon pemimpin bangsa.

Beswan Djarum telah menyelenggarakan beberap kali seleksi untuk para calon penerima Djarum Beasiswa Plus. Di tahun 2013 ini, khususnya di Universitas Lampung seleksi dilaksanakan di aula K Fakultas Keguruan da Ilmu Pendidikan. Yayan Rusdiana (Mahasiswa Fakultas Teknik 2010) selaku  panitia yang juga penerima beasiswa djarum plus periode 2012 mengatakan, setelah calon penerima beasiswa lulus seleksi administrasi, para calon penerima beswan djarum akan diberikan 3 tahapan test, yakni test tertulis, test FGD (focuss group discussion) dan test wawancara.  “Dari sekian banyak pendaftar, hanya 120 orang yang lulus seleksi administrasi, namun pada saat test tertulis ada 9 orang yang tidak hadir,” ungkap Yayan saat diwawancarai sabtu siang.

Test tertulis dilakasanakan pada Jum’at (26/7) mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.30 WIB . Setelah istirahat sholat Jum’at, test kedua (FGD) dilanjutkan mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Dari hasil seleksi 2 test yang telah dilaksanakan, diperoleh 39 orang yang berkesempatan untuk melanjutkan test terakhir yakni test wawancara. Test wawancara yang dilaksanakan pada Sabtu (27/7) dimulai dari pukul 08.00 sampai selesai.

Djarum Foundation  melalui Program Djarum Beasiswa Plus ini akan terus konsisten dan berusaha menjaga komitmen demi tercapainya masa depan yang penuh cita-cita luhur. Sebuah semangat yang tak akan pernah berhenti untuk terus melahirkan generasi berprestasi.(Riky)