FKIP Unila gelar Safari Ramadhan 1434 H

222

S1270214(Eduspotnews) : Bertempat di aula K FKIP Universitas Lampung, seluruh jajaran civitas akademika Universitas Lampung mengikuti safari ramadhan 1434 H Senin (22/7). Acara ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, MS yang didampingi oleh para Pembantu Rektor , Dekan, Kepala Biro, dan UPT di lingkungan Universitas Lampung. Dekan FKIP Unila dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah hadir baik dari dalam FKIP maupun luar FKIP serta berharap agar momen safari ramadhan ini merupakan salah satu media bagi sesama warga Unila untuk saling bersilaturahmi. Pada acara tersebut juga hadir beberapa mahasiswa perwakilan himpunan mahasiswa jurusan dan badan eksekutif mahasiswa. Penceramah pada safari ramadhan ini yakni Dr. H. Muhammad Fuad, M.Hum yang merupakan ketua jurusan pendidikan bahasa dan seni. Dalam  ceramahnya, Fuad menyampaikan kandungan Qur’an Surat Al Ma’un ayat 1 sampai 7 yang menjelaskan ancaman terhadap mereka yang tergolong orang-orang yang mendustakan agama, yakni mereka yang menghardik anak yatim, tidak menolong fakir miskin, ria (ingin dipuji sesama manusia) dalam sholatnya serta enggan menolong dengan barang-barang yang berguna.

Bagi mereka yang melalaikan solat lima waktu, juga tergolong ke dalam orang-orang yang mendustakan agama. M. Fuad selaku penceramah menghimbau agar seluruh civitas akademika khususnya, untuk senantiasa menjaga kualitas ibadah puasa dengan tetap melaksanakan sholat lima waktu, terutama di tengah aktivitas di bulan suci ramadhan ini.

Pada kesempatan yang sama, Fuad juga menyampaikan kandungan Qur’an Surat Al Baqoroh ayat 183 yang berisi perintah wajib bagi kaum yang beriman untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.  Puasa yang dalam bahasa arab disebut juga “shaum” yakni menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang membatalkan puasa seperti perkataan kotor, dan juga menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenam matahari sesuai niat. Acara safari ramadhan FKIP ini diakhiri dengan kegiatan buka puasa bersama dan sholat magrib berjama’ah di aula K FKIP Universitas Lampung. (Riky)