Reuni Akbar Alumni Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung Tahun 2013

817

S1270198(FKIP, Eduspot) : Bertempat di aula K  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sabtu (6/7) Program studi pendidikan geografi Universitas Lampung menggelar kegiatan Reuni Akbar Alumni 1967-2009 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung dan Seminar Nasional Pendidikan. Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Reuni Akbar Pendidikan Geogarfi FKIP Unila kita tingkatkan rasa persaudaraan dan profesionalisme alumi yang berkarakter” bertujuan untuk menjaring masukan-masukan yang berkaitan dengan lingkup keilmuan geografi khususnya pendidikan geografi dan meningkatkan komunikasi persaudaraan antar alumni pendidikan geografi. Acara ini di buka langsung oleh Pembantu Dekan III FKIP Unila Drs. Iskandar Syah, M.H. Dalam Sambutannya, Iskandar Syah memberikan apresiasi yang tinggi kepada para alumni atas kehadiran dan partisipasinya dalam kegiatan reuni akbar ini. Karena melalui reuni akbar ini, para alumni dapat berbagi informasi dan pendapat mengenai perkembangan kurikulum 2013 yang berbasis karakter terutama kurikulum yang berkenaan dengan pendidikan geografi.

Kegiatan reuni alumi pendidikan geografi ini dihadiri oleh kurang lebih 217 orang yang berasal dari seluruh lampung dan beberapa provinsi di luar lampung. Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa rangkaian yakni musyawarah pembentukan pengurus alumni, Mou prodi dengan alumni/ MGMP, pelantikan pengurus alumni, seminar nasional tentang Bedah Kurikulum Geografi 2013, dan Pengembangan Prodi Pendidikan Geografi. Dalam acara ini hadir juga beberapa tamu undangan antara lain Prof. Bambang Sumitro, M.S (pendiri prodi geografi), Dr. Caswita, M.Si (Kajur PMIPA), Drs. Buchori Asyik, M.Si (Kajur PIPS), Dr. Abdurrahman, M.Si (Ketua Unit QA), Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd (Perwakilan Dinas Pendidikan) dan Imam Santoso, M.Pd (Tutor Nasional).

Salah tujuan diadakannya seminar nasional pendidikan pada rangkaian reuni akbar pendidikan geografi ini yaitu para praktisi pendidikan dapat mengkaji bagaimana penerapan sistem dan pengaruh kurikulum 2013 terhadap kegiatan belajar mengajar geografi di sekolah. Melalui reuni alumni ini juga, pembentukan Ikatan Alumni Geografi (IKA Geo) Universitas Lampung akan diresmikan, dengan tujuan sebagai tempat menyalurkan aspirasi atau ide-ide tentang keilmuan geografi. keberadaan IKA Geografi diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan geografi sesuai dengan perkembangan zaman serta menjalin persaudaraan antar alumni. Ketua Program Studi Pendidikan Geografi Drs. Zulkarnain, M.Si, saat diwawancarai berharap kepada para alumni agar selalu berpartisipasi dalam pengembangan program studi pendidikan geografi yang sekaligus mendukung  visi program studi pendidikan geografi yakni menjadi lima program studi terbaik di Indonesia pada tahun 2021 yang profesional dan berkarakter.(Riky)