anjunganSELAMAT DATANG ROMBONGAN FKIP UNIVERSITAS TADULAKO DI KAMPUS EDUKATIF-INOVATIF YANG RELIGUS FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG anjunganSegenap Pimpinan dan Civitas Akademika Keluarga Besar FKIP Unila Mengucapkan : Selamat dan Sukses atas di Raihnya Juara II Kinerja Terbaik , Juara I Webometrics Website Terbaik Universitas Lampung anjunganSEMUA KEGIATAN SERTIFIKASI GURU TIDAK DIPUNGUT BIAYA DAN DILARANG MEMBERI CINDERA MATA/HADIAH KEPADA PANITIA SERTIFIKASI GURU, JANGAN PERCAYA KEPADA OKNUM-OKNUM YANG BISA MELULUSKAN YANG BERKAITAN DENGAN SERTIFIKASI GURU DAN BERHATI-HATILAH TERHADAP SEGALA BENTUK PENIPUAN !!! anjunganSelamat dan Sukses atas diraihnya Hasil Akreditasi Program Studi Pendidikan Geografi dengan Peringkat "A" No.SK:148/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/V/2014 anjunganWASPADALAH, WASPADALAH, WASPADALAH ...!!! KEPADA PESERTA PLPG WASPADA TERHADAP PENIPUAN DALAM BENTUK APAPUN, APABILA ADA MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN SERTIFIKASI GURU DAPAT LANGSUNG MENGHUBUNGI PANITIA SERTIFIKASI GURU RAYON 107 UNIVERSITAS LAMPUNG, TELP 0721 704624

FKIP Gelar Konfrensi Pendidikan tingkat Internasional (ITEC)

(FKIP Unila, Eduspot) : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung menyelenggarakan seminar pendidikan internasional “International Teacher Education Conference 2013 (ITEC)” dengan tema “Redefining Teacher Education: Building Milestones for Global Partnerships and Development in Education”. Seminar yang dilaksanakan di  Hotel Bukit Randu,  Senin (1/7)  bertujuan membangun sudut pandang keilmuan dan mengembangkan kreatifitas dan wahana penyegaran bagi para guru, dosen, pendidik, penyuluh, tutor, fasilitator, akademisi, mahasiswa dan praktisi pendidikan atau masyarakat umum yang peduli akan pendidikan dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi globalisasi. Keynote speaker dalam kegiatan ITEC ini yaitu Assoc. Prof. Rebecca Fanany (Deakin University, Australia), Prof. Rosnani Hashim (International Islamic University, Malaysia), Rebecca Johnson (Colombia University, US), Dr. Bujang Rahman (Unila, Indonesia), Prof. Bruce Waldrip (Monash University, Australia).

Konfrensi ini dihadiri oleh kurang lebih  150 orang praktisi pendidikan dari beberapa negara dan universitas di Indonesia. Hadir juga beberapa perwakilan forum komunikasi FKIP negeri se-Indonesia antara lain dari Universitas Tadulako, Univeritas Pendidikan Ganesha, Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Mataram, Universitas Parahiyangan, Univesitas Mulawarman, dan Universitas Bengkulu. FKIP Unila melalui seminar internasional ini, juga bertujuan mengembangkan pendidikan yang saat ini mengglobal. Melalui hadirnya beberapa praktisi pendidikan tersebut, konfrensi ini mengusung beberapa sub tema yakni :

  1. Multi-culture Education (Pendidikan Multikultur)
  2. Learning Strategies/Methodologies for Teacher Education  (Strategi Pembelajaran/Metodologi guru pendidikan)
  3. Teacher Education towards Global Education    (Guru pendidikan menuju pendidikan global)
  4. Education Management  and Teacher Professional Empowerment   (Manajemen pendidikan dan Penguatan Profesionalisme Guru)
  5. Curriculum Design for Education in Global Perspectives  (Desain kurikulum dalam Perspektif Pendidikan Global)
  6. Teaching and Learning Practices (Praktik Belajar dan Mengajar)

Materi yang dibahas dalam konferensi pendidikan internasional ini adalah hasil-hasil penelitian pendidikan, atau kajian ilmiah masalah pendidikan terutama tentang profesionalisme guru dan dosen; tantangan dan peluangnya di era global, dan berbagai tuntutan yang harus disiapkan termasuk, metode,  kemampuan ICT, akses, serta independensi dan otonomi pendidikan. Melalui kegiatan ITEC 2013 diharapkan beberapa LPTK dapat menciptakan atmosfir pendidikan yang lebih baik dan sesuai dengan perkembangan era globalisasi saat ini. Karena pendidikan yang seutuhnya dapat tercipta dari suasana belajar dan proses pembelajaran di mana peserta didik secara aktif, bebas, dan bertanggung jawab mengembangkan seluruh potensi dirinya sehingga menjadi pribadi berakhlak mulia, menjadi manusia seutuhnya dalam totalitasnya sebagai manusia.

Setelah pelaksanaan seminar dan diskusi pada beberapa hasil penelitian, International Teacher Education Conference 2013 juga melaksanakan beberapa kunjungan, yakni ke Taman Nasional Way Kambas, Museum Lampung, Dekranasda dan beberapa tempat penghasil keripik khas lampung. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan beberapa kesenian asli lampung, sejarah serta tempat perlindungan gajah terbesar di Indonesia.(Riky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Marquee Powered By Know How Media.