Visitasi Program Studi PGSD FKIP Unila

1162

_DSC0501 - Copy(FKIP, Eduspot) : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jum’at (28/6) mendapat kunjungan dari BAN PT dalam rangka Akreditasi dari BAN PT untuk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Visitasi Akreditasi ini dihadiri dua orang asesor BAN PT yaitu Dr. Ir. Arita Marini, M.E (Universitas Negeri Jakarta) dan Drs. Yalvema Miaz, M.A., Ph.D (Universitas Negeri Padang). Kegiatan hari pertama, tim Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi fokus melaksanakan penilaian di tingkat fakultas sesuai dengan borang penilaian akreditasi. Penilaian meliputi sumber daya manusia, sarana prasarana, kelompok dosen, mahasiswa, atmosfer akademik, peran alumni, minat prodi,  dan penggunaan teknologi. Untuk penilaian fakultas, Dr. Bujang Rahman M.Si selaku Dekan FKIP menjabarkan tentang penggunaan informasi dan teknologi secara komprehensif yang meliputi sistem informasi akademik, jurnal, database keuangan, perpustakaan digital, elearning, KKN-KT, dan virtual lecture. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan juga telah memiliki akun berlangganan jurnal internasional yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran. Selain itu, FKIP juga telah menerapkan sistem legalisir online yang memudahkan para alumni untuk melegalisir ijazah, akta maupun transkrip.

Penjabaran tentang visi dan misi FKIP Unila juga disampaikan dalam penilaian akreditasi. Visi FKIP Unila pada tahun 2021 menjadi LPTK inspiratif, progresif yang professional, dan bermartabat terus diimbangi dengan adanya memorandum of understanding dengan beberapa kabupaten di Provinsi Lampung.

Pada hari kedua, tim Badan Akreditasi Nasional akan melanjutkan penilaian di program studi PGSD. Kampus program studi PGSD terbagi menjadi dua tempat yakni di kampus Gedung Meneng dan Metro. Yalvema Miaz selaku asesor BAN PT menyatakan bahwa visitasi BAN PT merupakan suatu sarana untuk pembinaan dan sharing kepada fakultas maupun jurusan dan bukan untuk melakukan pemeriksaan-pemeriksaan. Harapan dari Yalvema yakni agar hasil penilaian dapat sesuai borang yang telah ditentukan. (Riky)