Sosialisasi KKN-KT Berbasis Website di Kabupaten Tulang Bawang Barat

723

_DSC0151 - Copy

(Penumangan, Eduspot) Selasa (11/6) Dekan FKIP Universitas Lampung mengunjungi Kabupaten Tulang Bawang Barat guna mensosialisasikan KKN-KT berbasisi web tahun 2013 kepada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat yang juga diikuti oleh seluruh dosen pembimbing lapangan Kabupaten Tuba Barat, ketua Unit Penjamin Mutu Pendidikan, ketua Unit Database dan publikasi ilmiah, ketua PLT, sekertaris PLT, serta beberapa mahasiswa FKIP Unila. Sosialisasi dilaksanakan di ruang pertemuan Pemda Kabupaten Tulang Bawang Barat pukul 13.00 WIB.

Kegiatan KKN-K Terintegrasi ini merupakan salah satu tindak lanjut dari momerandum of understanding antara Universitas Lampung dan pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Mulai tahun 2013 KKN di Unila terbagi menjadi dua model yaitu KKN Pendidikan khusus untuk mahasiswa FKIP Unila dan KKN non Pendidikan untuk mahasisiwa selain FKIP yang tertuang pada SK Rektor nomor 238/UN26/DT/2013 tanggal 1 Maret 2013. KKN yang diselenggarakan FKIP Unila ini diberi nama KKN Kependidikan Terintegrasi (KKN-K Terintegrasi) karena KKN-KT ini memadukan dua mata kuliah secara simultan yakni mata kuliah KKN Kependidikan dan Program Pengalaman Lapangan. Seluruh mahasiswa KKN-KT FKIP Unila ini diharapkan dapat menerapkan semua ilmu dalam bidang kependidikan bukan bidang ilmu lainnya. Pertemuan ini dihadiri langsung Bupati Tulang Bawang Barat Bahtiar Basri yang didamping Sekda Tulang Bawang Barat dan kepala Dinas Pendidikan Tulang Bawang Barat.

Kegiatan KKN-KT 2013 ini memiliki empat kegiatan utama yaitu pengaplikasian ilmu dalam bidang pendidikan, pengabdian kepada masyarakat,  belajar melalui pengalaman nyata di lapangan, dan kegiatan penelitian. Pemerintah Tulang  Bawang Barat mengharapkan dengan adanya kegiatan KKN ini, kabupaten Tulang Bawang Barat dapat lebih berkembang dan maju khususnya dalam bidang pendidikan.

Kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan camat, kepala kampung/desa, dan para kepala sekolah yang daerahnya akan ditempati oleh mahasiswa KKN-KT FKIP Unila pada tanggal 1 Juli 2013  mendatang. Didik Subroto selaku kepala desa Margo Mulyo Kecamatan Tumijajar Tulang Bawang Barat menyatakan terima kasih atas pengiriman mahasiswa KKN-KT dari Unila. ”Warga masyarakat merasa sangat terbantu dalam pengembangan pendidikan yang bernuansa masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya,” kata dia. (Riky/Khairul)

1 COMMENT