Pengajian Rutin Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Lampung

252

(Eduspot) Jumat / 26 april 2013, Pukul 16.00 WIB Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni menggelar pengajian bulanan yang kedua. Kegiatan ini dilaksanakan di pekan akhir bulan dan menyesuaikan dengan kalender akademik. M. Fuad selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni mengatakan bahwa pengajian ini dilaksanakan untuk menerjemahkan, mewujudkan kebijakan fakultas yaitu edukatif, inovatif, dan religius yang tentunya dapat dalam bentuk apapun dan berbagai peluang yang ada. “Misal pengajian ini untuk mewujudkan lingkungan kerja yang religius, meningkatkan kinerja dosen menurut agama dan kepercayaan masing-masing jadi, agama Islam dengan mengikuti pengajian ini sedangkan yang non-Islam dengan kegiatan religius lain dan kegiatan ini sangat didukung oleh teman-teman dosen jurusan pendidikan bahasa dan seni” ujarnya.

Pengajian ini diisi oleh Drs. Ujang Suparman, M.A., P.hD. sebagai pemateri. Pada pengajian sore ini, pemateri menyampaikan hadist riwayat muslim yang artinya “Rosulullah SAW, abu bakar, umar tidak menyebutkan lafadz basmalah pada awal surat al-fatihah dan akhir surat al-fatihah (sebelum membaca surat setelahnya)”. “jadi, jika kita mengikuti apa yang dilakukan Rosulullah maka dari sekarang pada saat melaksanakan sholat-sholat dzahar (keras) yaitu magrib, isya’, maupun subuh utamanya yang jadi imam sholat mengikuti apa yang dilakukan Rosulullah” tambahnya. Hal ini penting karena amal yang kita lakukan namun tidak di contohkan oleh rosulullah maka tertolaklah amal tersebut. Selain itu pemateri menyampaikan tentang Qunut, bagaimana Shalawat yang baik kepada Rosulullah SAW dan kriteria imam yang baik.

Pada pukul 17.00, usai sesi tanya jawab, kegiatan pengajian ini ditutup dengan doa, yang dipimpin langsung oleh pemateri.  Tidak hanya sebagai kegiatan ruhiyah, namun pengajian ini merupakan kegiatan silaturrahmi para dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Hal ini tersirat setelah pengajian berakhir panitia menyediakan tajilan, pada saat inilah momen berkumpulnya dosen untuk bertukarpikiran mungkin tentang kehidupan bermasyarakat yang berhubungan dengan materi pengajian atau tentang perkuliahan dan problematika mahasiswa. M. Fuad selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni seusai pengajian menuturkan rasa senang terhadap pengajian ini “ saya senang atas terlaksananya pengajian ini walaupun hujan namun tetap terlaksana”. “saya berharap dengan adanya pengajian ini berimbas pada kegiatan mahasiswa dan dapat menambah ruhiyah dosen sehingga keteladan yang selama ini saya rasa kurang, misal ada dosen yang menyuruh mahasiswa untuk religius namun mereka sendiri tidak religius, akan menjadi lebih baik demi mewujudkan khususnya Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni yang religius dan umumnya FKIP yang religius. (Tiyas)