Pendidikan Geografi Peringati Hari Bumi

224

(FKIPnews) Sekumpulan mahasiswa geografi yang tergabung dalam paguyuban IMAHAGI (Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia) sejak Minggu 21 April 2013, mengadakan serangkaian agenda dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2013. Acara tersebut berlangsung selama dua hari di lingkungan FKIP.

Kegiatan peringatan hari Bumi yang langsung dikoordinatori oleh kepala program studi yakni Zulkarnaen ini berjalan baik dan lancar. (22/04/2013) Warga Geografi memenuhi lapangan FKIP untuk melaksanakan senam sehat dan dilanjutkan dengan makan bersama. Tidak hanya itu, mereka meramaikan hari libur FKIP dengan beramai-ramai membuat Biopory di lingkungan FKIP yang memiliki tujuan sebagai permeabilitas tanah untuk menyerap air.  Ditempat yang berbeda, selama proses pembuatan Biopori, beberapa mahasiswi geografi asyik menekuni pembuatan kreasi bunga untuk dibagikan sebagai bentuk aksi dalam memperingati hari bumi.

Pembuatan biopori menjadi langkah awal dalam penanaman pohon mahoni yang dilakukan pada hari senin, 22 April 2013 bertepatan dengan hari bumi di beberapa titik sekitaran FKIPUnila. Hal tersebut merupakan salah satu bagian dari aksi simpatik dalam melestarikan tanaman sebagai asset dari keselamatan bumi kita.

Kegiatan yang diakhiri dengan Aksi pembagian bunga dan kertas yang berisikan himbauan “Save the world” oleh  seluruh civitas geografi ini mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya Ahmad Risani (geografi 2010) mengaku bangga mengikuti agenda tersebut. Ia pun menambahkan bahwa agenda ini harus terus dilaksanakan karena agenda ini merupakan agenda yang penting sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan. (InaRosyadi)