Pelatihan Peningkatan Kemampuan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

246

(FKIPnews) Sekitar 70 anggota kepolisian Polda Lampung menghadiri Pelatihan peningkatan kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan yang dilangsungkan di Sekolah Polisi Negara Polda Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan sejak hari senin 22 april 2013 sampai 24 april 2013. Pelatihan pada selasa 23 April 2013 diisi oleh Dr. Bujang Rahman, M.Si, Dr. Abdurrahman, M.Si, dan Dr. Adelina Hasyim,M.Pd.

Materi yang disampaikan oleh Dekan FKIP Universitas Lampung Dr. Bujang Rahman, M.Si yaitu mengenai pengertian profesi dan ciri-ciri profesi. Beliau juga menyampaikan tentang kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang tertera pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Menurut beliau “Pendidik harus memahami nilai yang terkandung dalam hal yang diajarkan kepada peserta didik”. Nilai-nilai yang terkandung dapat menentukan karakter suatu masyarakat dan suatu bangsa. “Ada syarat atau struktur berfikir untuk menemukan nilai-nilai tadi, maka pendidik harus berfikir keras dan berfikir tingkat tinggi” lanjutnya. Struktur berfikir yang dimaksud yaitu remember(mengingat), understand(mengeti), apply(menerapkan), analyze(menganalisa), evaluate(mengevaluasi), dan create(menciptakan). Intinya diharapkan dari pedidikan yang dilaksanakan adalah dihasilkannya output manusia terdidik. Manusia yang terdidik memilki ciri-ciri, punya jati diri, diterima lingkungan, berfikir positif, bijak, arif, memiliki cinta sejati yang tidak takut untuk berkorban, dan bermanfaat bagi orang lain.

Pembicara yang lain Dr. Adelina Hasyim menyampaikan bahwa pentingnya masalah pendidikan di Indonesia. Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karna Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Dari pelatihan ini diharapkan bagi personal dapat mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk mengajarkan pembelajaran pada siswa di SPN baik proses maupun outputnya. Untuk institusi tentunya menjadi tenaga-tenaga yang siap membentuk karakter -karakter polisi yang dapat diharapkan masyarakat baik sebagai pelindung, pengayom, dan penegak hukum. (Khairul/Riky)