anjunganSegenap Pimpinan dan Civitas Akademika Keluarga Besar FKIP Unila Mengucapkan : Selamat dan Sukses atas di Raihnya Juara II Kinerja Terbaik , Juara I Webometrics Website Terbaik Universitas Lampung anjunganSegenap Civitas Akademika Keluarga Besar FKIP Unila Mengucapkan : Selamat Dies Natalis Universitas Lampung ke-49 Semoga Universitas Lampung Semakin Jaya, Unggul dan Berdaya Saing anjunganSEMUA KEGIATAN SERTIFIKASI GURU TIDAK DIPUNGUT BIAYA DAN DILARANG MEMBERI CINDERA MATA/HADIAH KEPADA PANITIA SERTIFIKASI GURU, JANGAN PERCAYA KEPADA OKNUM-OKNUM YANG BISA MELULUSKAN YANG BERKAITAN DENGAN SERTIFIKASI GURU DAN BERHATI-HATILAH TERHADAP SEGALA BENTUK PENIPUAN !!! anjunganSelamat dan Sukses atas diraihnya Hasil Akreditasi Program Studi Pendidikan Geografi dengan Peringkat "A" No.SK:148/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/V/2014 anjunganWASPADALAH, WASPADALAH, WASPADALAH ...!!! KEPADA PESERTA PLPG WASPADA TERHADAP PENIPUAN DALAM BENTUK APAPUN, APABILA ADA MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN SERTIFIKASI GURU DAPAT LANGSUNG MENGHUBUNGI PANITIA SERTIFIKASI GURU RAYON 107 UNIVERSITAS LAMPUNG, TELP 0721 704624

KURIKULUM 2013: Pelajaran SD Dicukur Jadi 7, Pramuka Wajib

JAKARTA – Pada tahun ajaran 2013 nanti, kurikulum baru akan mulai diterapkan oleh pemerintah mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Kurikulum SD yang kini berisi 10 mata pelajaran akan dicukur hingga 7 mata pelajaran saja. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

Untuk tingkat SD, katanya, saat ini ada 10 mata pelajaran yang diajari, yaitu pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya dan keterampilan, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, serta muatan lokal dan pengembangan diri.

Tapi mulai tahun ajaran 2013/2014 jumlah mata pelajaran akan diringkas menjadi tujuh, yaitu pendidikan agama, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, matematika, seni budaya dan prakarya, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, serta Pramuka.

“Khusus untuk Pramuka adalah mata pelajaran wajib yang harus ada di mata pelajaran, dan itu diatur dalam undang-undang,” kata Nuh.

Dalam wawancara yang diunggah di laman www.kemdiknas.go.id, Mohammad Nuh juga mengatakan pentingnya perubahan kurikulum.

“Jaman itu nanti berubah, jadi harus dimulai dari sekarang. Kalau kita tidak berubah kita akan menghasilkan generasi yang usang. Generasi yang akan menjadi beban, dan juga tidak terserap di dunia kerja,” katanya.

Mendikbud juga menyatakan bahwa metode pembelajaran akan berubah dari metode hafalan menjadi penalaran dan semuanya terintegrasi dalam tiap pelajaran. (src : kabar24.com Kemendiknas/Antara/ms)

Incoming search terms:

  • cara mengajar pramuka anak sd
  • Cara mengajar pramuka di SD
  • gaji guru pramuka
  • cara mengajar pramuka
  • cara mengajar pramuka SD
  • kurikulum pgsd 2013
  • materi pramuka sd kurikulum 2013
  • kemendiknas kurikulum 2013
  • materi pramuka untuk sd
  • kemendiknas yg berkaitan dgn pramuka

19 Responses to KURIKULUM 2013: Pelajaran SD Dicukur Jadi 7, Pramuka Wajib

  1. aries saja says:

    Jika dipapras jdi 7 Mata Pelajaran Maka Juga disiapkan Lulusan S2 PGSD FKIP Unila untuk jadi Guru dsekolah Dasar. Copot semua Kepala Sekolah dan Guru yang tidak terpenuhi Bidang pendidikannya Min- S2 PGSD. Trims

  2. Muhlisun says:

    Sebagai guru muda, sebenarnya tak ada perubahan yang signifikan pada peserta didik. Meskipun telah berulang kali terjadi pergantian kurikulum. Toh masih banyak guru-guru yang tidak merubah cara mengajar mereka. Terutama para guru SD yang telah berusia 46 ke atas dan mengajar di pelosok. Silahkan di cek ada begitu banyak bantuan kit media pembelajaran yang ngangkrak tak pernah disentuh.

  3. Dian Rendra says:

    appun kurikulum yg baru jika memg it sdh peraturan psti kami ikuti&laksanakan.nmun smua perubhn hrs dg catatan akan dpt memperbaiki n mmjukan pndidikan,trus sy jg berhrp pengurangan bidstudy tsb jg hrs dfikirkan jumlah muatan/jam ny. jgn smpai beben mngjar guru pun kurag dr 24 jam tatap muka. bsa” ntar bgug pula ngatury…..

  4. Puji Hanurantini says:

    Kami di SD kesulitan mencari kakak pembina Pramuka…,menurut saya karna pramuka bersifat wajib,bisakah kakak- kakak pembina pramuka diberi kepastian hukum berupa pemberian gaji yang sesuai dengan guru honor, atau dapat diangkat menjadi PNS, karena sy melihat para pembina Pramuka itu melatih sampai berumur dan menanggung beban keluarga namun tak sebanding dengan penghasilannya.Hal lain…harus ada sertifikasi khusus bagi kakak yang layak menjadi pembina pramuka.

  5. satia cs says:

    walaupun kuriklum berulang kali dirobah namun materi pelajaran tetap itu juga apalagi pel matematik takan Pernah berobah 9×3=27 namun yang harus kita pikirkan bagai mana metode kita dalam mengajar sesuai dengan perkembanagan jaman Hal yang paling penting lagi bagaimana sikap orang tua dan lingkungannya terhadap pendidikan kalaulah pemerintah saja yang selalu memikirkan kemejuan pendidikan takakan ada keberhasilan.

    Adalagi yang paling sulit bagi Guru diwajibkan lulus S.1 yang hanya dibantu Rp 2,000,000 pertahun untuk kuliah,kalau dikota yangdekat dengan Perguruan tinggi Lalu Bagaimana Yanga didesa? menderita sekali.

  6. rudi says:

    menurut sy apakah lebih baik tetap ada 7 mata pelajaran itu dan exstra pramuka wajib jg ada jadi sama2 seimbang, dan juga diperjelas lagi nasib kakak pembina yang sudah ngabdi bertahun tahun…. melas pak, SAKNO…. maaf klo kurang enak di hati yang sy sampaikan

  7. kuswati says:

    asssssiiiiikkkkkkkk…anak-anak gak keberatan lagi……

  8. ran mouri kudo says:

    bye bye english lesson….give more harder duty for all teachers at secondary school…whats’a pity

  9. Muntoha says:

    Kurikulum memang harus ada perubahan biar kita lebih maju dalam hal pendidikan. untuk pramuka y sebagai kegiatan ekstra kurikuler yang wajib di ikuti oleh semua peserta didik pada satuan pendidikan mulai dari golongan siaga sampai pandega.

  10. Muntoha says:

    Metode pembelajaran dan strategi pembelejaran harus dirubah kalau kita ingin maju dan semua pendidik harus mampu menyampaikan materi pelajaran dengan jelas dengan menggunakan metode dan trategi yang sesuai dengan perkembangan peserta didik.

  11. nur farida says:

    kalau dipikir dalam pendidikan pramuka semua mencakup materi semua mata pelajaran,ada teori dan praktik langsung atau penerapan ilmu jd memang tidak ada jeleknya kalau pelajaran pramuka dimasukkan dalam kurikulum 13.Tapi apakah semua sudah siap tuk mengampu pelajaran Pramuka?Hal itu tentu harus memperhitungkan SDMnya guru,Sarpras dan segala sesuatunya yang bisa mendukung program ini.Sebagai seorang guru okelah….Always ready …..demi masa depan bangsa….!Do`a dan Usaha harus seiring sejalan dan seia sekata….Salam

  12. ADE SAPUTRA S.Pd says:

    Semoga dengan perubahn ini. pendidikan kita bisa lebih maju..

  13. dian says:

    ya……kalau it yg terbaik, knp tidak !

  14. Nolit Tritanto says:

    yang saya perhatikan, saat ini pendidikan itu seperti yang menurun.
    jika di bandingkan antara awal tahun 2000 dan sekarang, perbedaannya sangat begitu jauh…… saya rasa, semakin kesini malah semakin kurang saja.

    entah kenapa,,, disaat mulainya Pendidikan di gratiskan tanpa membayar apapun, justru pendidikan ini semakin melorot… dan dukungan baik dari diri anak didik itu sendiri, dari orang tua nya, atau dari gurunya sekalipun sangat begitu tidak ada sama sekali,,, mereka begitu terlena dengan sebuah kata (GRATIS) itu..
    saya sangat mendukung jika PRAMUKA menjadi pelajaran wajib dan masuk kurikulum,, karena kenapa?????? zaman sekarang ahklaq-ahklaq anak didik begitu sangat memprihatinkan,, bahasa-bahasa kasar,, ejekan,, dan kesopanan mereka sangat kurang sekali,…
    bukan hanya faktor dari sekolah saja,,,yang harus mendidik anak didiknya,,, tapi dari orang tua pun harus ikut serta mendidik anak-anaknya agar mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang dapat di andalkan dan memajukan bangsanya….
    dan saya harap… di setiap satu tahun sekali, atau minimal 6 bulan sekali, ada pelatihan atau ujian untuk guru-guru… karena,, bagaimana mereka dapat menjadi tunas-tunas bangsa yang dapat di andalkan, jika gurunya saja kurang aktif dalam pada saat Kegiatan Belajar Mengajar.
    terima kasih. maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan… saya hanya Share saja dan tidak ada maksud apapun….

  15. surya gunawan says:

    Supaya pendidikan menjawab kemajuan jaman, kenapa pendidikan anti korupsi tidak dimasukkan dalam kurikulum sejak SD, serta Narkotika dua hal ini akan membuat sendi-sendi berbangsa dan bernegara kedepan akan runtuh. Kalau gak percaya lihat aja nanti 15 tahun kedepan. selamat menunggu…?

  16. sri giyanto says:

    sebenarnya yang sesuai kurikulum dikembangkan sesuai dengan kemajuan zaman, artinya guru yang dituntut untuk bisa mengikuti perubahan yang terjadi. yang harus diperhatikan seharusnya strategi dan tehnik pembelajaran yang bener bener PAIKEM, bukan hanya diklat2 yang setengah2.
    untuk UNILA kabari dong kapan Buka S2 PGSDnya.

  17. wahyu says:

    mengapa tingkat slta tidak di wajibkan??

  18. HARIYADI says:

    BAPA, MOHON TANGGAPANNYA BAGAIMANA CARA ANTISIPASI UNTUK SEKOLAH PADA TINGKAT SMA/MA/SMK YANG SEMANTARA INI KITA TAU BAHWA PELATIH PEMBANTU PEMBINA PRAMUKA ADALAH SISWA ,

  19. ali yusuf says:

    apapun kurikiulumnya sebagai guru harus siap menghadapi,seperti itulah seharusnya guru profesional. tidak lupa mengedepankan nilai ikhlas yang sekarang mulai menurun. akhlaq siswa tergantung perlakuan dan tingkah laku guru. tidak lupa tetap memohon bimbingan guru yang sudah senior,sesekali saling mengingatkan jika ada yang keliru. mudah2an semua dapat tunjangan profesi,kualifikasi,sertifikasi, kalau belum dapat berarti belum waktunya. manusia di didik agar jadi manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Marquee Powered By Know How Media.