Kunjungan Pendidikan : FKIP UNS Solo, Dinas Pend. Kota Metro dan Kota Bandar Lampung

218

(Eduspot : Selasa 25 September 2012 ) Bertempat di ruang sidang dekanat berlangsung acara kunjungan pendidikan diantaranya  FKIP UNS Solo, Dinas Pendidikan Kota Metro dan Kota Bandar Lampung dalam acara ini dibahas dalam rangka menjaga kesinambungan pendidikan sebagai  konsekuensi logis keberhasilan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun, memanfatkan priode bonus demografi, mendukung tercapainya target MP3EI, memperkuat daya saing bangsa, serta menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka, Pemerintah perlu mengambil langkah strategis untuk mempersiapkan Pendidikan Menengah Universal (PMU),  yaitu pendidikan menengah yang mencakup SMA, MA dan SMK. PMU pada dasarnya merupakan pemberian kesempatan  seluas-luasnya kepada seluruh warga negara Republik Indonesia untuk mengikuti pendidikan menengah yang bermutu. Tujuan utama PMU adalah meningkatkan kualitas penduduk Indonesia dalam  mendukung pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa, peningkatan kehidupan sosial politik serta kesejahteraan masyarakat.

Sasarannya adalah pada tahun 2020 angka partisipasi kasar (APK) pendidikan menengah sekurang-kurangnya mencapai 97%.  Selama lima tahun terakhir angka partisipasi kasar (APK) pendidikan jenjang menengah terus mengalami peningkatan, yaitu dari 52,20% pada tahun 2005/2006 menjadi 70,53% pada tahun 2010/2011. Namun demikian, disparitas APK jenjang menengah antar wilayah masih relatif tinggi, pertumbuhan APK setiap tahunnya relatif kecil, dan dibandingkan dengan APK negara-negara Asia lainnya, APK Indonesia masih relatif tertinggal.  Oleh karena itu, penyelenggaraan PMU menjadi sangat penting untuk melakukan percepatan peningkatan akses dan mutu, penurunan disparitas antar wilayah, serta sekaligus penguatan daya saing bangsa.

Hadir dalam acara diantaranya Prof. Baidoe, Prof. Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si,Dr. Imam Sujadi, Dewan Pendidikan Kota Bandar Lampung, Dewan Pendidikan Kota Bandar Lampung.

 

2 COMMENTS