Profesi Guru Jadi Primadona,Peminat FKIP Dibatasi

Profesi guru masih menjadi primadona. Dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tulis, Kamis (31/5) peminat program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) masih cukup tinggi.

Berdasarkan data panitia lokal SNMPTN Bandar Lampung, sebanyak 12.614 pilihan ditujukan pada 15 program studi yang ada di FKIP Unila baik melalui pilihan pertama (P1), pilihan kedua (P2), hingga pilihan ketiga (P3). Dengan total pemilih Unila mencapai 53.618 pilihan.

Kendati demikian Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila Bujang Rahman mengatakan, pemerintah bakal membatasi jumlah penerimaan mahasiswa baru di lembaga pendidik dan tenaga kependidikan.

“Penerimaan mahasiswa baru di Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta akan dibatasi. Pemerintah menetapkan kuota sekitar 40.000 setiap tahun atau setara jumlah guru yang pensiun,” ujar Bujang, Jumat (1/6).

Ia menerangkan, perubahan kuota penerimaan mahasiswa calon guru ini ditujukan untuk menjamin kualitas guru di masa mendatang. Rencananya, pemerintah bakal menanggung biaya pendidikan calon guru dari awal hingga lulus. Ketika lulus, mereka menjadi guru yang langsung berhak mendapatkan tunjangan profesi.

Menurut Bujang, mulai tahun ini akan dilaksanakan program percontohan terlebih dahulu. Sebanyak 1.500 hingga 2.000 mahasiswa baru di Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) negeri akan dibiayai pemerintah dan diasramakan. “Untuk Provinsi Lampung dalam hal ini FKIP Unila belum terlibat,” paparnya.

Para mahasiswa calon guru, lanjut Bujang, secara bertahap akan diseleksi melalui tes khusus. Hal tersebut dimaksudkan untuk memenuhi standar input LPTK. Program seleksi akan dilakukan secara tertulis di tingkat nasional ataupun nontulis di tingkat LPTK.

”Nantinya, tidak sembarang orang yang bisa menjadi guru. Hanya orang terpilih yang kelak bisa mendidik anak-anak bangsa,” kata Bujang.

Menurut dia, perbaikan dalam perekrutan calon mahasiswa guru tersebut dilatarbelakangi jumlah guru saat ini yang sudah cukup secara nasional, yakni 2,9 juta guru, meskipun masih diwarnai persoalan distribusi dan ketidakselarasan. Di lain pihak, jumlah mahasiswa baru LPTK tiap tahun terus mengalami kenaikan.

One thought on “Profesi Guru Jadi Primadona,Peminat FKIP Dibatasi

  1. assalamualaikum kk.. selamat malam saya ega dari bakesi ingin rasanya mengikuti program beasiswa ini, tapi skarang saya masih duduk di kelas XII dan kira baru lulus bulan mei..bagaimana kalo seandainya persyaratan nya belum mampu di lengkapi?seperti melampirkan STTB & SKHU Apakah masih boleh mengikutinya ka? mohon jawabanya ya ka ..terimakasih .. wassalamualaikum ..

Tinggalkan Balasan