BIMBINGAN TEKNIS : Kualitas Guru Pengaruhi Prestasi Siswa

FKIP news :Kualitas guru sangat memengaruhi prestasi siswa. Dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya pendidik, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kemampuan Profesional/Substantif di Hotel Sahid, Bandar Lampung, selama empat hari mulai Jumat (11-14 Mei 2012).

Ketua Pelaksana Kegiatan, M. Thoha B. Sampurna Jaya, mengatakan pihaknya menyadari kualitas hasil ujian nasional (UN) dipengaruhi kuat oleh kualitas pendidik. Baik secara profesional akademik maupun substantif.

“Kualitas guru sangat memengaruhi prestasi siswa. Rendahnya kualitas siswa merupakan imbas dari rendahnya kemampuan guru,” kata Thoha kepada Lampung Post, Sabtu (12-5).

Karena itu, untuk mengurangi kegagalan siswa harus diupayakan pula peningkatan kemampuan guru. Melalui bimbingan teknis yang digelar selama empat hari diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk membantu siswanya.

“Bagaimanapun harus melalui guru, tidak bisa langsung ke siswa. Karena itu, kemampuan profesional harus diikuti dengan kemampuan penyampaian dengan baik ke siswa,” katanya.

Dia menjelaskan bimtek diikuti 280 guru se-Sumatera bagian selatan, khususnya dari 28 sekolah asal Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Guru berasal dari sekolah yang siswanya banyak tidak lulus UN pada 2011. Khususnya untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, dan Ekonomi. Selain bagi guru SMA, FKIP Unila juga menggelar bimtek bagi guru SMK pada 31 Mei-3 Juni 2012. (Src : Lampungpost.com)

Tinggalkan Balasan