Program Sertifikasi Ditarget Rampung Agustus

FKIP news : Program sertifikasi guru tahun ini bakal berlangsung lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah pusat menargetkan proses sertifikasi guru berakhir minggu pertama Agustus tahun ini, sehingga proses pencairan tunjangan dapat segera dicairkan. Demikian diutarakan Ketua Panitia Penyelenggara Program Sertifikasi Guru untuk Provinsi Lampung Buchori Asyik, Rabu (9/5).

Ia menuturkan, tahun ini ada 5.765 guru yang akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Guru (PLPG). Agar proses ini rampung Agustus, panitia akan membagi delapan gelombang.

Satu gelombang terdiri dari 25 rombongan belajar (rombel) dimana satu rombel terdapat sekitar 30 orang guru. Begitu satu tahap selesai langsung diumumkan dan dicetak sertifikatnya.

Menurutnya, jika ada peserta yang tidak lulus pada tahap pertama, maka ia diberikan kesempatan dua kali untuk melakukan perbaikan di tahap selanjutnya, begitu seterusnya. Artinya semua harus diselesaikan tahun ini.

Dikatakannya, hal ini dilakukan karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak ingin lagi menemukan guru yang mengalami kesulitan dalam pencairan tunjangan sertifikasi yang biasanya disebabkan oleh keterlambatan penerbitan sertifikat dan Surat Keputusan (SK) sebagai pendidik profesional.

Kemendikbud tahun ini juga untuk pertama kalinya menyelenggarakan program sertifikasi guru dengan terlebih dahulu melakukan Uji Kompetensi Awal (UKA), dimana untuk Lampung dari 7.752 hanya 5.961 dinyatakan lulus dan 1.791 guru dinyatakan gagal.

One thought on “Program Sertifikasi Ditarget Rampung Agustus

Leave a Reply