Pembinaan Guru Simultan Mutlak Dilakukan

FKIP news: Terpuruknya dunia pendidikan di Indonesia dengan segala problematikanya tak bisa lepas dari peranan seorang guru di dalam kelas. Sebagai ujung tombak utama dalam dunia pendidikan, kinerja guru harus ditingkatkan. Untuk itu pembinaan guru secara simultan mutlak dilakukan karena guru merupakan aktor penentu keberhasilan pendidikan.

Dekan FKIP Universitas Lampung (Unila) Bujang Rahman mengatakan, masih rendahnya kualitas guru saat ini tidak sepenuhnya ditanggung oleh para guru. Banyak faktor yang menyebabkan guru menjadi demikian.

Menurutnya, hal tersebut bukan variabel yang berdiri sendiri karena banyak faktor lain yang turut memengaruhi buruknya kinerja kualitas guru saat ini. Salah satunya adalah manajemen pendidikan yang tidak profesional.

Dikatakannya, tak jarang guru menerima tekanan secara psikologis. Hal itu dapat terlihat dalam pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Guru (PLPG) yang menjadi bagian proses sertifikasi guru oleh Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK), yang dalam hal ini dilakukan FKIP Unila.

“Di dalam kelas, para guru menunjukkan kinerja yang luar biasa. Mereka pandai melakukan presentasi, baik dalam menyusun rencana program pembelajaran (RPP). Tapi anehnya ketika mereka kembali ke sekolah masing-masing kinerja mereka tidak berubah,” kata dia.

Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Lampung Sutopo Ghani Nugroho mengemukakan, kegagalan pada dunia pendidikan saat ini tidak bisa lepas dari kondisi guru. Topo yakin keberhasilan seseorang 80 persen dipengaruhi oleh para guru yang mampu memberikan inspirasi.

“Kunci keberhasilan pendidikan ada pada para guru. Hal ini harus menjadi perhatian khusus para pihak yang berkaitan langsung baik dalam proses penyediaan tenaga guru maupun pengelola guru di lapangan,” urainya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan (PMPTK) Disdik Provinsi Lampung Ria Andari menambahkan, nilai rata-rata kualitas guru saat ini masih sangat rendah.

“Bayangkan, pada ujian nasional lalu pemerintah menetapkan standar nilai lima pada siswa. Namun kenyataannya berdasarkan uji kompetensi awal, standar nilai rata-rata guru baru tiga koma tiga,” paparnya.

One thought on “Pembinaan Guru Simultan Mutlak Dilakukan

  1. Salam kenal
    Membaca & memperhatikan …Di dalam kelas, para guru menunjukkan kinerja yang luar biasa. Mereka pandai melakukan presentasi, baik dalam menyusun rencana program pembelajaran (RPP). Tapi anehnya ketika mereka kembali ke sekolah masing-masing kinerja mereka tidak berubah…, repot nich… di era yang serba TIK.
    Perkembangan TIK mengalami evolusi dan revolusi. Pemfanfaatan TIK digunakan oleh berbagai kalangan “tanpa mengenal usia dan strata dalam kehidupan”. Orang dengan mudah mengakses, mengunduh, mengunggah, komunikasi dll. Melalui TIK guru yang merupakan ujung tombak pendidikan dan ujung tombak perubahan,diharapkan selalu menyongsong hadirnya teknologi dan mengimplementasikan.
    http://pcahyono.blogspot.com/
    http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#berpacu

Tinggalkan Balasan