FKIP Unila dan Bank Syariah Mandiri Buka Koperasi Bersama

FKIP news: Koperasi adalah sekumpulan orang seorang atau badan hukum koperasi yang  bergabung membentuk usaha bersama untuk kepentingan bersama, saling tolong-menolong, dan  menyejahterakan serta memberi manfaat bagi segenap anggota maupun masyarakat sekitarnya.

Dalam koperasi, setiap  individu dapat mengoptimalkan kemampuan pribadi yang diintergrasikan dalam konteks kebersamaan (individualitas dalam kolektivitas). Rasa percaya diri yang tumbuh karena adanya kebersamaan akan menyadarkan setiap individu bahwa mereka akan menghadapi berbagai kesulitan ekonomi yang relatif sama.

Mereka akhirnya yakin bahwa semua kesulitan ekonomi akan dapat diatasi dengan usaha. Usaha bersama ini tentu akan terus berjalan secara harmonis jika setiap individu mampu memelihara kejujuran dan keterbukaan. Karena nilai-nilai kejujuran dan keterbukaan yang melandasi prinsip usaha bersama berdasarkan prinsip tolong-menolong ini.

Atas dasar prinsip-prinsip inilah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila) dalam waktu dekat ini akan membentuk koperasi bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri Lampung.

“Koperasi tersebut akan menjadi tempat praktik ekonomi untuk mahasiswa dalam berkoperasi serta lebih memahami perbankan,” kata Ketua Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unila Buchori Asyik, saat dihubungi Senin (7/5).

Lebih lanjut Bukhori mengatakan, koperasi tersebut nantinya dikelola mahasiswa, baik pengurus maupun anggotanya. Dibukanya koperasi tersebut, mahasiswa FKIP yang akan menjadi guru ekonomi diharapkan lebih mengenal lebih jauh terhadap perbankan. Tidak hanya teori, tetapi lebih kepada praktik.

“Dengan dibentuknya koperasi tersebut nantinya membuka peluang strategis sebagai gerakan untuk menggali potensi. Semuanya sudah siap, tinggal menunggu lokasi yang tempatnya di FKIP Unila,” pungkasnya. Seperti yang dikatakan seorang Mohammad Hatta, yang dianggap sebagai bapak koperasi Indonesia, koperasi membawa semangat baru, yaitu menolong diri sendiri (self-help).

One thought on “FKIP Unila dan Bank Syariah Mandiri Buka Koperasi Bersama

Leave a Reply